CERITA KAMI

Gembira Bersama Yesus Pendidikan Agama Katolik TK A & TK B

15-03-2019 09:30

Pendidikan merupakan segala usaha mengembangkan potensi jasmani dan rohani ke arah kesempurnaan. Di sekolah, pendidikan rohani diberikan melalui berbagai macam kegiatan afeksi dan secara eksplisit melalui pendidikan agama.

Pendidikan Agama Katolik (PAK) memiliki hakikat dan fungsi sebagai bentuk pelayanan sabda dan sebagai bentuk pendidikan iman. Sebagai bentuk pelayanan sabda berarti melalui PAK dilaksanakan tugas pewartaan kabar gembira Kristus, sedangkan sebagai pendidikan iman berarti PAK membantu menciptakan situasi dan kondisi agar orang dapat mengembangkan imannya secara bebas.

Iman perlu dikenali dan dikembangkan sejak dini. Keluarga merupakan pihak yang berkewajiban utama. Ketika anak mulai menapaki pendidikan di bangku sekolah, maka pihak sekolah pun turut ambil bagian. Buku Gembira Bersama Yesus disusun untuk membantu guru dan orang tua menumbuhkembangkan iman anak-anak pada usia TK. Ada buku PAK TK A dan TK B yang masing-masing terdiri atas buku semester 1 dan 2.

Buku Gembira Bersama Yesus dapat menjadi sarana untuk menumbuhkan dalam diri anak rasa kagum terhadap karya-karya Tuhan, menumbuhkan rasa syukur atas berkat Tuhan sehari-hari, menumbuhkan dalam diri anak keyakinan akan Tuhan, mengembangkan sikap kasih dan toleransi serta mewujudkannya dalam hidup sehari-hari. Lebih dari itu, buku ini membantu guru dan orang tua mengenalkan ajaran dan tradisi Gereja katolik.

Buku ini ditulis oleh tim yang beranggotakan lima guru TK, yaitu Sr. Margriet, PIJ, Veronicha Tri Hartatik, Yustina Rahayu, Bernadetta Suwarsiyah, dan Fransisca Diana Kristanti; serta seorang guru agama, yaitu Nicanius Andrey W.L. Tim ini diperkuat oleh keterlibatan Bapak F.X. Dapiyanta, dosen IPPAK Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Buku ini memuat kisah-kisah menarik dalam kitab suci dan sepatutnya dijadikan teladan iman. Gembira Bersama Yesus semester 1 memuat beberapa kisah dari Alkitab Perjanjian Lama dan itu dilanjutkan oleh Gembira Bersama Yesus semester 2  yang berisi kisah-kisah Perjanjian Baru. Setiap buku juga dilengkapi dengan kisah kudus santo-santa yang sangat menarik bagi anak dan dapat menjadi teladan iman.

Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sangat bervariasi, yang dapat menunjang  perkembangan kognitif, afektif, dan utamanya psikomotorik anak. Ada juga lagu-lagu sederhana yang kiranya mudah diterima oleh anak. Selain lagu yang dianggap sudah sangat familiar, lagu-lagu dilengkapi dengan not angka sehingga orang tua pun dapat turut berperan serta. Ilustrasi kisah maupun gambar penunjang kegiatan sangat menarik dan selain untuk kegiatan mewarnai, disampaikan secara berwarna.

 

*Cicilia Heni Lestari
Redaksi Kependidikan-Umum