CERITA KAMI

Sahabat Literasi Kanisius di Rumah Belajar Modern

16-04-2019 12:41

Jumat, 12 April 2019, Sahabat Literasi PT KANISIUS bersama Kak Ninik (instagram @ninikhrn) dan Kak Irin Utami (instagram @irinutami) dari @tehtarikrasavanta bekerjasama dengan Rumah Belajar Modern. Rumah Belajar Modern ini merupakan salah satu layanan dari sekian banyak konsep layanan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY. Tujuan dibangunnya Rumah Belajar Modern ini tentunya untuk mengenalkan perpustakaan pada anak usia dini dan sekolah dasar menengah dan juga meningkatkan minat baca mereka. Sebanyak lebih kurang 60 anak hadir didampingi oleh para guru. Anak-anak ini berasal dari 2 sekolah dasar yaitu SDN Timbulharjo Sewon Bantul dan SDN Jurug Bangunharjo Sewon Bantul.

PT KANISIUS tertarik berkegiatan bersama Rumah Belajar Modern karena perpustakaan ini berbasis kegiatan. Nilai lebih dari Rumah Belajar Modern ini adalah desain layanan perpustakaan yang tidak hanya sebatas pada penyediaan dan peminjamaan koleksi. Melainkan adanya fasilitas-fasilitas permainan anak yang cukup lengkap guna merangsang motorik dari anak-anak yang berkunjung ke Rumah Belajar Modern.

Bapak Saimin staf Rumah Belajar Modern sangat senang atas kehadiran Sahabat Literasi PT KANISIUS bersama dengan Kak Ninik dan Kak Irin dari Tehtarikrasavanta. Bapak Saimin juga menyampaikan bahwa dengan adanya Rumah Belajar Modern ini harapan pemerintah adalah meningkatnya minat baca dengan mengenalkan bahan pustaka yang sesuai dengan usia anak.

Anak-anak begitu gembira bermain, belajar, menggambar, berdiskusi, mendengarkan cerita, dan menjawab kuis. Ada komitmen yang disampaikan diawal yang wajib dipatuhi oleh semua orang yang ada dalam ruangan, yaitu tidak menyentuh gawai yang dibawa. Hebatnya semua anak-anak fokus berkegiatan, semua gawai yang mereka bawa mereka pasang mode hening dan memasukkannya ke dalam tas. Acara diawali dengan permainan penyegar suasana oleh Mas David, yang menambah keriuhan suasana. Kemudian, dilanjutkan dengan story telling dari Kak Ninik dan kak Irin, yang membacakan buku terbitan Kanisius dengan judul Ibu dan Adik Istimewaku.

Setelah story telling, dengan dipandu Kak David, mereka diajak untuk belajar membuat buku kecil. Menggunakan bahan kertas HVS, mereka diminta membuat cerita singkat pada kertas HVS tersebut, kemudian dilipat dengan teknik tertentu sehingga menjadi “ buku kecil “. Mereka begitu bersemangat dan menikmati kegiatan tersebut. Sebelum pulang kakak-kakak Sahabat Literasi PT KANISIUS membawa banyak buku sebagai hadiah.  Ada sekitar 100 buku yang Sahabat Literasi PT KANISIUS bawa.  Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB berlangsung ceria dan riuh karena anak-anak yang berebut ingin menjawab pertanyaan dan maju ke depan.

 Berakhir pukul 11.00 WIB anak-anak pulang sambil membawa buku dengan wajah gembira, lalu ditutup dengan foto bersama di halaman rumput Rumah Belajar Modern. Salam literasi, Read Good Book, Read Kanisius Books.