CERITA KAMI

Pelatihan Hiperkes dan Keselamatan Kerja bagi Paramedis/Perawat Perusahaan.

16-04-2019 10:14

Jumat, 22 Maret 2019 PT KANISIUS mendapatkan kunjungan dari Peserta Pelatihan Hiperkes dan Keselamatan Kerja bagi Paramedis/Perawat Perusahaan. Pelatihan ini adalah kerjasama LPK K3 DHAYO dengan Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Sebanyak 30 orang dan 5 orang pembimbing hadir di Ruang Kepodang PT KANISIUS. Acara  dibuka oleh Bapak Charles Primacahya, kemudian dilanjutkan sambutan dari Ibu Christin Natalia mewakili Sekretariat Perusahaan.

Selanjutnya, penjelasan mengenai percetakan oleh Bapak Putut. Bapak Putut sangat lengkap menjelaskan tentang percetakan secara keseluruhan. Menggunakan bahasa yang lugas dan diselipi humor khas Bapak Putut, penjelasan yang disampaikan tidak terasa membosankan, namun suasana menjadi lebih hidup. Selanjutnya adalah sesi dari Bapak Suntoro, yang menjelaskan mengenai K3 yang diterapkan di PT KANISIUS.

Ketika, sesi tanya jawab banyak pertanyaan yang masuk kepada Bapak Suntoro mengenai banyak hal tentang K3 yang ada di PT KANISIUS. Salah satunya adalah bagaimana pertolongan pertama pada kecelakaan kerja. PT KANISIUS telah bekerjasama dengan 2 rumah sakit besar yang ada di Yogyakarta, sehingga jika ada kecelakaan yang tidak mampu ditangani di kantor dapat langsung di bawa ke rumah sakit tersebut.

Selanjutnya, adalah agenda keliling percetakan dan para peserta melakukan pengukuran. Pengukuran yang mereka lakukan meliputi pencemaran udara, tingkat kebisingan, dan tingkat kebersihan di kantin. Kelompok dibagi menjadi 4 bagian, yaitu kelompok rompi merah, kelompok rompi biru, kelompok rompi orange, dan kelompok rompi hijau. Masing-masiong kelompok diberi kesempatan untuk mengeksplorasi tempat sesuai bagiannya.

Para peserta nampak sangat antusias mengikuti pelatihan ini dan juga senang karena bisa belajar dan berkunjung ke percetakan, melihat kantin karyawan, dan melihat tempat pengolahan limbah di PT KANISIUS. Semoga kunjungan Peserta Pelatihan Hiperkes dan Keselamatan Kerja bagi Paramedis/Perawat Perusahaan ini bermanfaat dan semoga kerjasama ini dapat terus terjalin dengan baik dari waktu ke waktu.

*Agata Vera