CERITA KAMI

Teknik Penilaian Kinerja untuk Menilai Keterampilan Siswa

23-05-2019 13:27

Salah satu kekhasan Kurikulum 2013 yang saat ini kita terapkan adalah siswa dituntut untuk aktif, kreatif, dan inovatif dalam setiap pemecahan masalah yang mereka hadapi di sekolah. Penilaian tidak hanya dilakukan melalui ujian atau tes tertulis, tetapi juga dari nilai kesopanan, religi, praktik, sikap, dan lain-lain. Secara umum, penilaian dilakukan pada 3 aspek, yaitu aspek sikap (sosial dan spiritual), aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.

Penilaian keterampilan meliputi penilaian kinerja/praktik, proyek, portofolio, dan produk. Sering kali di kelas guru hanya memberikan tugas yang kurang bermakna (rutin, berulang-ulang, dan kurang relevan dengan hal yang ingin dicapai). Hal ini membuat siswa bosan, kurang memotivasi, dan kurang mencerminkan nilai dari aspek keterampilan yang dimaksud.

Buku ini secara khusus memberikan referensi bagi guru agar dapat melakukan penilaian keterampilan siswa dengan baik. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menilai keterampilan siswa, untuk itu guru harus dapat menentukan instrumen yang valid dan reliabel agar hasil penilaian benar-benar tepat.

Buku ini berisi konsep dan contoh-contoh praktis dengan mengadopsi berbagai kompetensi dasar pada berbagai mata pelajaran dan jenjang kelas sehingga guru lebih mudah memahami dan dapat mempraktikkannya di kelas.

Kompetensi-kompetensi menurut mata pelajaran dan jenjang kelas yang diolah menjadi contoh-contoh dalam buku ini mengacu pada Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI-KD Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Semoga buku ini bermanfaat.

*Penulis: Herman Yosep Sunu Endrayanto