CERITA KAMI

Sahabat Literasi Kanisius Menyapa Anak-anak Jogja Green School

27-08-2019 10:30

Kamis, 25 Juli 2019 Sahabat Literasi PT KANISIUS bekerjasama dengan AIESEC UGM beracara di Jogja Green School. Akhirnya setelah beberapa bulan Sahabat Literasi berada di rumah saja, kali ini membawa tim kecil Kak David, Kak Vera, dan Bapak Charles.  Sampailah tim Sahabat Literasi PT KANISIUS di Jogja Green School yang beralamat di Dusun Jambon, RT.04/RW.22, Salakan, Trihanggo, Gamping, Kabupaten Sleman. Berada di daerah yang asri tim Sahabat Literasi PT KANISIUS membawa hati yang gembira untuk belajar dan bermain bersama adik-adik di Jogja Green School.  

Sekilas tentang Jogja Green School

Sesuai dengan salah satu Misinya, Jogja Green School memfasilitasi model pembelajaran inklusif, yang memberi ruang bagi pendidik, siswa dan keluarganya dari berbagai latar belakang (agama, suku, status ekonomi, kewarganegaraan, kapasitas diri). Inklusif sendiri berasal dari Bahasa Inggris “inclusive” yang berarti  “termasuk di dalamnya”. Secara istilah arti kata inklusi atau inklusif adalah menempatkan dirinya ke dalam cara pandang orang lain/ kelompok lain dalam melihat dunia, dengan kata lain berusaha menggunakan sudut pandang orang lain atau kelompok lain dalam memahami masalah.

Jogja Green School didirikan karena adanya mimpi tentang suatu sekolah yang dekat dengan alam, sehingga setiap anak dapat menjadi dirinya sendiri, bukan menjadi gurunya, maupun orang tua-nya dan tetap terfasilitasi dalam pembelajaran dan proses perkembangan karakter anak. Berdiri di tahun 2010, Jogja Green School memulainya dengan jenjang pendidikan kelompok bermain dan penitipan anak. Jogja Green School juga memulai pendidikan karakter anak untuk berempati dengan sesama, cinta terhadap lingkungan, santun kepada pengajar dan orang tua sedini mungkin dan fokus hingga sekarang. Jogja Green School juga sadar terhadap masa depan bangsa ini, maka pola pendidikan yang diterapkan adalah membuat anak memiliki empati, pluralisme, adat, sopan santun, dan berbagai sifat kemanusiaan yang lain yang diajarkan agar mereka menjadi pribadi yang kuat dan menyayangi sesama.

Sudah sejak tahun 2018 Sahabat Literasi PT KANISIUS bekerja sama dengan AIESEC UGM. AIESEC adalah organisasi internasional untuk para pemuda yang membantu mengembangkan potensi kepemimpinan tiap individu yang bergabung di dalamnya. AIESEC merupakan organisasi yang digerakkan oleh mahasiswa dari suluruh dunia. Organisasi ini berfokus pada pengembangan kepemimpinan para pemuda dan menjadi duta di luar negeri untuk menjalankan proyek sosial di bidang pendidikan dan budaya.

Membawa serta mitra literasi Sahabat Literasi PT KANISIUS Kak Irin dari Tehtarikrasavanta. Anak-anak Jogja Green School begitu antusias mendengarkan cerita yang dibawakan oleh Kak Irin. Kak Irin bercerita dengan penuh ekspresi hingga membuat anak-anak yang semula ramai menjadi terpukau, ditambah lagi ada ukulele yang dipetik oleh Kak Irin yang turut menghidupkan suasana. Bersama Kak David, anak-anak di Jogja Green School diajak untuk membuat buku sederhana berbekal kertas HVS A4. Anak-anak begitu senang bisa membuat buku sederhana, dengan penuh semangat walaupun beberapa anak mesti mengulang beberapa kali, karena salah menyobek kertas.

Anak-anak Jogja Green School memiliki energi yang luar biasa. Setiap anak terlahir dengan keunikan masing-masing, mereka adalah anak-anak Indonesia yang memiliki kesempatan yang sama dalam masa tumbuh, berkembang, dan melihat dunia. Kegembiraan yang Sahabat Literasi PT KANISIUS bawa ternyata berbuah kebahagiaan yang lebih saat pulang. Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut. Salam literasi.

 

*Agata Vera