CERITA KAMI

Sahabat Literasi Kanisius Di SD Negeri Donokerto

05-08-2019 10:58

Rabu, 31 Juli 2019, di hari yang cerah Sahabat Literasi PT KANISIUS bergerak menuju SD Negeri Donokerto. Berangkat dengan tim kecil, Sahabat Literasi PT KANISIUS berkolaborasi lagi dengan anggota Tehtarikrasavanta Kak Irin. Tepat pukul 09.00 WIB kami meluncur menuju SD Negeri Donokerto. SD Negeri Donokerto terletak di Dusun Gondang, Jetis, Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Jarak dari kantor Sahabat Literasi PT KANISIUS lebih kurang 13 Km.

Pukul 09.46 WIB, kami sampai di SD Negeri Donokerto dan langsung mendapatkan sambutan meriah dari anak-anak yang sedang bermain bersama exchange participant  dari AIESEC UGM. Beberapa anggota AIESEC membantu kami membawakan buku-buku yang akan dibagikan kepada anak-anak, dan kemudian mengarahkan kami ke ruangan kelas yang digunakan untuk beracara siang itu. Bapak Sanusi selaku Kepala Sekolah SD Negeri Donokerto begitu senang akan kedatangan kami. Beliau dan beberapa guru kelas membantu kami untuk check sound mic dan ukulele yang dibawa oleh Kak Irin.

Anak-anak pun telah siap berkumpul dan siap untuk bergembira bersama. Total jumlah anak dari kelas 1 hingga kelas 6 adalah 72 orang. Semuanya dijadikan dalam satu ruangan, jadi bisa dibayangkan betapa riuhnya suara anak-anak. Sebelum mulai bercerita, Kak Vera dan Kak Irin pun mengajak anak-anak pemanasan terlebih dahulu. Kak Irin mengajak semua anak-anak untuk berdiri dan menari bersama-sama. Ternyata ada 2 anak kelas 1 yang begitu berani memimpin teman-temannya untuk menari dengan diiringi lagu “Marina Menari”. Sebagai hadiah atas keberanian mereka 2 anak kelas 1 yang berani maju menari tersebut mendapatkan hadiah buku dari Sahabat Literasi PT KANISIUS.

Anak-anak sudah duduk dengan rapi kembali dan siap mendengarkan Kak Irin bercerita. Kali ini Kak Irin bercerita dari Buku Titu dan Tuti. Titu dan Tuti ini adalah buku terbitan Penerbit PT KANISIUS. Kak Irin bercerita dengan penuh ekspresi hingga anak-anak terperangah dan penasaran dengan cerita selanjutnya. Namun cerita terputus, karena pada sesi berikutnya adalah anak-anak dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok kelas kecil mulai dari kelas 1,2, dan 3 dibagikan kertas kosong untuk menggambar. Kelompok kelas besar, kelas 4, 5, dan 6 mendapatkan kertas untuk kemudian dikerjakan secara berkelompok membuat akhir cerita dari Titu dan Tuti.

Kak Vera dan Kak Irin memberikan waktu lebih kurang 30 menit untuk mengerjakan tugas. Ada anak-anak yang cepat selesai ada pula yang masih tekun mengerjakan. Sesi terakhir adalah anak-anak kelas 1, 2, dan 3 bagi yang berani maju ke depan menceritakan gambarnya akan mendapatkan hadiah buku. Begitupun dengan kelas 4, 5, dan 6 yang secara berkelompok maju ke depan menceritakan akhir cerita dari Titu dan Tuti versi kelompok masing-masing. Acara selesai ditutup dengan nyanyian penutup, pembagian buku kepada masing-masing anak, dan kemudian foto bersama di halaman SD Negeri Donokerto.

Bapak Sanusi, selaku Kepala Sekolah SD Negeri Donokerto menerima kami di ruang guru. Bapak Charles menyerahkan paket buku untuk koleksi perpustakaan sekolah. Semoga kerjasama PT KANISIUS dengan SD Negeri Donokerto terus berjalan baik. Salam literasi.   

 

*Agata Vera