CERITA KAMI

Rekreasi Kanisius, Makin Semangat dan Gembira

04-09-2019 08:55

PERUSAHAAN YANG DINAMIS

Kanisius telah 97 tahun berdiri melayani kebutuhan masyarakat melalui produk-produk kependidikan dan juga produk gerejawi. Bahkan saat ini telah bertambah satu lagi layanan kanisius, yaitu dijualnya produk perdagangan benda-benda rohani dan alat peraga pendidikan untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang semakin banyak. Kanisius telah mengalami pasang surut usaha penerbitan dan percetakan sehingga menjadikannya semakin matang dan berpengalaman di bidangnya. Untuk urusan alur proses produksi dan segala urusan penerbitan tak perlu diragukan lagi, karena telah didukung dengan sertifikasi ISO 9001:2008. Pengendalian mutu manajemen ini menjadi jaminan kualitas konten atau produk yang dibuat oleh Kanisius. Saat ini Kanisius bahkan telah semakin maju dengan menerapkan ISO 9001:2015 yang menjamin segala risiko telah diperhitungkan dengan matang dan diantisipasi dengan cermat.

Perjalanan karya Kanisius yang begitu panjang dan tetap bertahan dengan segala dinamikanya, bahkan semakin lama semakin maju ini tentunya digerakkan oleh manusia-manusia yang berkualitas.  Begitu banyak karya yang tercipta selama Kanisius berdiri merupakan karya terbaik dari ratusan karyawan yang dengan setia bekerja melayani permintaan pelanggan tercinta. Tak hanya mereka yang bekerja menghasilkan produk secara langsung, tetapi juga mereka yang memberi dukungan lain melalui bidang pekerjaannya masing-masing. Mereka telah bersinergi dan bekerja dengan dinamis, mampu mengikuti setiap perubahan dan tak rapuh karena dimakan usia. Biasanya yang tua susah berubah, tapi disini semua orang harus mau berubah dan mengikuti perubahan agar dapat bertahan.

 

BEKERJA DAN BERGEMBIRA

Bagaimana perusahaan yang hampir berusia seabad ini mempertahankan semangat kerja para karyawannya? Agar dapat mempertahankan kinerjanya yang terbaik, perlu strategi tertentu dan perlu menciptakan suasana tertentu. Beberapa hal yang penting diperhatikan adalah, karyawan harus merasa gembira selama bekerja, tidak merasa bosan dengan rutinitas kerjanya, dan tempat bekerjanya menarik. Untuk menciptakan kondisi di atas, Kanisius secara rutin menciptakan dinamika kebersamaan antar karyawan. Biasanya, Kanisius mengadakan Games & Gathering atau Rekoleksi Karya setiap tahun bertepatan dengan HUT Kanisius. Moment ini diadakan untuk membangun kebersamaan dan membangun komitmen bersama untuk bersinergi selama tahun-tahun kedepan.

Berbeda dari biasanya, pada bulan Agustus 2019 Kanisius memberi kejutan kepada karyawan dengan mengadakan program rekreasi bersama bagi seluruh karyawan. Kanisius yang saat ini memiliki jumlah karyawan kurang lebih sebanyak 300 orang melakukan rekreasi bersama penuh tawa, canda, dan kegembiraan melepaskan diri dari rutinitas dengan harapan mampu mengendorkan syaraf yang tegang dan memunculkan ide-ide baru. Kegiatan ini tentu saja menjadi oase yang menyejukkan bagi karyawan di kantor pusat maupun di kantor-kantor pemasaran, di sela kesibukan pekerjaan yang dilakukan.   

Rekreasi yang diselenggarakan Kanisius ini juga dimaksudkan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan sekaligus sebagai apresiasi atas kerja keras yang sudah dilakukan oleh para karyawan, sehingga perusahaan mencapai target yang direncanakan. Pada tahun anggaran 2018, berhadapan dengan persaingan dalam ceruk yang semakin terbatas, Kanisius berhasil mencapai target penjualan. Keberhasilan ini tak lepas dari peran seluruh karyawan yang memberi dukungan melalui pekerjaannya, sehingga keberhasilan ini juga harus dinikmati bersama-sama. Atas pertimbangan ini perusahaan memberi reward bagi seluruh karyawan baik di kantor pusat dan kantor pemasaran. Destinasi wisata untuk program rekreasi bagi karyawan ini dipilih di tempat-tempat yang menarik, sesuai usulan / permintaan karyawan. Beberapa kota tujuan wisata kemudian disepakati ke Bandung, Dieng, Pulau Pahawang, dan Bali selama 3 hari. Untuk kantor pusat destinasi wisata ke Bandung, sedangkan untuk kantor Pemasaran Jakarta, Bandung, dan Tangerang destinasi wisata ke Dieng. Untuk area paling barat, yaitu kantor Pemasaran Palembang destinasi wisata ke Pulau Pahawang. Dan terakhir, area timur yaitu Kantor Pemasaran Surabaya destinasi wisata ke Bali.

 

*Team SDM