CERITA KAMI

Tentang Arsitektur Kota

23-09-2019 08:58

Arsitektur secara intensional akan mengantar setiap manusia untuk mempelajari ruang, khususnya ruang yang dimanfaatkan oleh ragam kegiatan manusia. Adapun Arsitektur Kota—sebagai mata kuliah­—pada jenjang S-1 merupakan perkuliahan yang memberikan wawasan mengenai kota dari sudut pandang arsitektur dan perancangan (design) lingkungan di kawasan perkotaan bagi mahasiswa untuk menambah keterampilannya dalam perancangan arsitektur.

Sekelumit kegiatan itu hadir dalam planning and design. Dalam hal ini, merencana adalah proses menyusun program-program, termasuk besaran kebutuhan ruang yang diperlukan untuk menampung kegiatannya. Selanjutnya, merancang adalah upaya secara grafis dalam mewujudkan ruang secara tiga dimensional (3D) sesuai dengan yang telah direncanakan (program).

Memahami dan mencoba mengerti (apa, dimana, bagaimana dan mengapa) mengenai ruang di kawasan perkotaan menjadi intensi dari bidang Arsitektur Kota, yang diprakarsai oleh arsitek Italy, Aldo Rossi. Tentu saja, isi buku ini hadir juga dengan beragam pembahasan, sehingga buku ini dapat berguna sebagai buku ajar.

Materi Arsitektur kota pada buku ini sudah disusun sedemikian rupa menjadi 14 (empat belas) sub-bab atau sub-bagian, dengan tujuan agar selaras dengan empat belas kali pertemuan tatap-muka dalam perkuliahan satu semester. Setiap sub-bab/bagian selayaknya menjadi materi penting, yang masih harus dikembangkan sesuai dengan fenomena pertumbuhan dan perkembangan fakta fisik-spasial perkotaan.

Penambahan fakta fisik-spasial secara sketsa-grafis lebih diutamakan daripada sekedar menambahkan fakta fotografis, karena penggambaran kembali fakta fotografis menjadi sketsa-grafis, maka logika dan rasa akan secara otomatis melakukan analisis formal, agar sketsa-grafisnya menampilkan “kunci-kunci” tersebut diatas. Proses fotografis menjadi sketsa-grafis ini seringkali disebutnya sebagai “pictorial graphic analysis methode”.

Buku ajar Arsitektur Kota ini berawal dari sebuah diktat kuliah yang disusun bersama oleh Prof. Dr. Sandi Siregar, M.Arch. Eng (alm), dosen Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Arsitektur, Universitas Parahyangan. Gagasan agar diktat Arsitektur Kota menjadi buku ajar dikemukakan oleh Prof. Dr. Sandi Siregar, pada tahun 2010, saat beliau menjadi Ketua Kelompok Bidang Keilmuan Arsitektur Kota & Desain Lingkungan Perkotaan (Arkodeko).

Buku ini sangat tepat dibaca oleh para praktisi di bidang arsitektur, mahasiswa program studi Teknik Arsitektur, dan siapa saja yang berminat dalam pengembangan bidang Arsitektur Kota.

*~Riyan – Redaksi Kependidikan-Umum