CERITA KAMI

Let’s Have Fun with Biotechnology!

26-09-2019 10:59

Mungkin sebagian besar masyarakat masih asing dengan istilah bioteknologi, padahal tanpa disadari sudah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Coba kita cermati kembali, pernahkah kita mengonsumsi yoghurt, tempe, keju, tape atau asinan? Pernahkah kita menggunakan pupuk kompos, menanam tanaman hidroponik, atau memasang hiasan insektarium? Ternyata semua itu merupakan hasil bioteknologi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Secara singkat bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup ataupun produk yang berasal dari makhluk hidup pada proses produksi untuk menghasilkan sebuah barang atau jasa. Pada zaman milenial saat ini bioteknologi menjadi salah satu hal yang makin menarik untuk dipelajari oleh anak-anak, seiring dengan sikap kritis dan exploratif yang berkembang pada diri mereka saat melakukan pembelajaran eksakta.

Buku Biotechnology is So Fun ini tentu menjadi tambahan referensi mengajar bagi para guru yang bermanfaat. Di sisi lain, buku ini juga dapat digunakan oleh siswa untuk melakukan kegiatan bioteknologi sederhana yang sudah dilengkapi dengan lembar kerja. Berikut beberapa testimoni tentang penggunaan buku Biotechnology is So Fun.

“Pada semester ganjil, saya mengajar mata kuliah Pembelajaran Inovatif IPA. Buku Biotechnology is So Fun saya gunakan sebagai salah satu buku pegangan kuliah. Dalam silabus perkuliahan, saya menggunakan pertemuan kedua untuk melakukan praktikum yang diambil dari buku tersebut. Tujuannya untuk menginspirasi mahasiswa merancang praktikum sederhana yang aplikatif atau dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini sungguh membantu saya mengajarkan sesuatu yang saya hidupi selama ini, terutama penerapan dan praktik ilmu bioteknologi dalam kehidupan saya sehari-hari.” (Wahyu Wido Sari, penulis)

“Dalam buku Biotechnology is So Fun digambarkan bahwa bioteknologi itu bisa ditemui di kehidupan kita sehari-hari, dan sesuatu yang kita temui sebagai hal biasa adalah hal yang sebenarnya ilmiah. Buku ini membawa bioteknologi yang biasa dibayangkan sebagai sesuatu yang sulit menjadi sesuatu yang menyenangkan.” (Prof. Dr. Irfan D. Prijambada, M.Eng; Kepala LPPM Universitas Gadjah Mada)

“Buku ini sangat membantu guru dan orang tua untuk mengenalkan bioteknologi dengan cara menyenangkan.” (Fransisca Dian Maharani, Head of School Speak First, Klaten)

So, let’s have fun with biotechnology!

 

*Flora Maharani
Editor