CERITA KAMI

PEMBELAJARAN EKSPERIMENTAL Y.B. MANGUNWIJAYA MENGALIR DARI HATI

31-10-2019 12:29

Pada hakikatnya, penelitian tindakan adalah sebuah konsekuensi dari profesi guru selaku fasilitator perkembangan anak, baik pengetahuan, keterampilan, maupun sikapnya. Sayangnya, penelitian tindakan kelas sering kali masih dirasa sebagai sesuatu yang memberatkan bagi guru. Hal itu sebenarnya terjadi karena belum terbentuknya budaya menulis di kalangan guru. Padahal, penelitian tindakan adalah sesuatu yang pasti sudah pernah bahkan selalu dilakukan oleh para guru di kelas. Namun demikian, masih belum banyak di antara para guru yang mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan. Penelitian tindakan guru di kelas sangat layak untuk dipublikasikan karena hal tersebut merupakan pengalaman nyata, ketika teori dipertemukan dengan praktik.

Pengalaman para guru TK, SD, dan SMP di Sekolah Eksperimental Mangunan saat mendampingi anak didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, dituangkan dalam buku ini lewat tulisan dan bahasa yang sederhana. Harapannya, para guru dan pemerhati pendidikan lain yang membaca buku ini dapat mengaplikasikan atau memodifikasi isi buku ini untuk mengatasi permasalahan serupa yang dialami, serta dapat saling menguatkan dalam upaya mengembangkan anak-anak didik di kelas. Buku Penelitian Tindakan di Kelas Mengalir dari Hati: Wujud Pembelajaran Eksperimental Y.B. Mangunwijaya lahir dari pengalaman berbagi para guru di Sekolah Eksperimental Mangunan yang rutin dilakukan dua minggu sekali tiap hari Jumat. Dalam forum tersebut, tiap guru mempresentasikan penelitian tindakan mereka secara bergantian. Berbagai penelitian tersebut mereka lakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi pada anak didik di kelas, atau dari ketertarikan guru mengenai suatu hal untuk dikembangkan bagi pemekaran diri anak didik di kelas.

Dalam presentasi tersebut, mereka memperoleh apresiasi dan komentar yang membangun dari rekan-rekan guru lain. Lewat forum tersebut, para guru akhirnya menyadari bahwa pengalaman yang mereka bagikan ternyata mampu menginspirasi dan memberikan pembelajaran bagi rekan guru yang lain. Hal inilah yang kemudian mencetuskan ide perlunya membukukan pengalaman-pengalaman kecil tersebut.

Buku ini merupakan wujud semangat dari guru-guru TK, SD, dan SMP Eksperimental Mangunan untuk berbagi pengalaman, rasa, dan asa dalam memekarkan potensi anak-anak. Semoga buku ini dapat menjadi inspirasi bagi pembaca, sekaligus menggugah diri pembaca untuk membagikan pengalaman penelitiannya di kelas dalam bentuk tulisan.

 

*Tim Laboratorium Yayasan Dinamika Edukasi Dasar