DARI MEDIA

Mewartakan di Lingkungan: 50 Tema dan Gagasan Pokok, Panduan Ringkas Bina Komunitas Kristiani Matang

11-05-2019 11:47

Buku "Mewartakan di Lingkungan: 50 Tema dan Gagasan Pokok". Buku "Mewartakan di Lingkungan: 50 Tema dan Gagasan Pokok dasar buku ini berangkat dari pengalaman riil penulis. Tidak hanya itu, buku ini lahir atas beberapa keprihatinan dalam proses pertemuan di lingkungan. Penulis, Hardi Sastra Atmaja, adalah seorang katekis di Keuskupan Surabaya. Hari-hari hidupnya, Hardi membagikan ilmunya pada lembaga pendidikan calon katekis STKIP Widya Yuwana Madiun dan mengampu mata kuliah pastoral, musik gerejawi, dan dinamika kelompok dalam pastoral. Dua bagian Secara runtut dan sistematis, buku ini dibagi dua bagian besar. Bagian pertama bahan pendalama iman berisi tema, gagasan pokok, dan teks Kitab Suci. Pada bagian kedua memaparkan model-model katekese.

Secara alfabetis ke-50 tema katekese penulis tawarkan kepada pembaca. Misalnya tema-topik itu di antaranya aborsi, anak, gosip, iri hati, kesendirian, komuni, korupsi, memaafkan, rendah diri, sakit, sumpah, surga, dan uang. Tidak mengawang Dengan tegas dalam pengantarnya Hardi menulis, ulasan setiap tema, sengaja dibuat ringan. Prinsip yang dikembangkan dalam buku ini adalah sedikit tetapi mendalam, daripada banyak bahan tapi dangkal.

Ajaran ringan dan praktis tetapi menyentuh yang esensial itu lebih baik, daripada mendalam tetapi diawang-awang tidak terkait dengan kehidupan sehari-hari, akhirnya mubasir dan katekese tidak menawarkan apa-apa bagi penghatan iman kristiani, hlm 6. Dalam bagian pertama, secara sistematis, jelas dan gamblang penulis memaparkan tema, ulasan atau gagasan pokok dan dasar Kitab Suci sesuai dengan temanya. Ulasan sebagai pokok pikiran digarap secara ringkas dan padat. Waspada terhadap kemalasan.

Terima kasih kepada Sesawi.Net dan Bapak Mathias Hariyadi atas pemuatan resensi berjudul Mewartakan di Lingkungan: 50 Tema dan Gagasan Pokok, Panduan Ringkas Bina Komunitas Kristiani Matang dari buku Mewartakan di Lingkungan: 50 Tema dan Gagasan Pokok. Dimuat, 30 April 2019.