DARI MEDIA

PT Kanisius Industri Percetakan yang Ramah Lingkungan

10-06-2019 09:45

Saya hirup O2 sebanyak-banyaknya. Memandang pepohonan yang menjulang tinggi dengan daunnya yang rimbun. Ingin rasanya duduk selonjoran di rumput hijau, hingga seseorang menyapa saya dan mempersilakan masuk ke ruang tamu.

Memasuki kompleks Percetakan Kanisius sejenak membuat saya lupa jika sedang berada di tengah kota Yogyakarta. Hiruk pikuk jalanan tak terdengar, yang terdengar bunyi cuitan burung dan kepak sayap burung yang terbang dari sarang burung di pohon beringin.

Ditemani Ibu Christin Natalia saya berkeliling kompleks  percetakan Kanisius. Jujur saya kagum dengan perusahaan ini, karena memiliki ruang terbuka hijau yang luas sehingga bisa menjadi lumbung oksigen bagi karyawan di percetakaan Kanisius bahkan bagi masyarakat disekitar kantor.

Perusahaan dengan Jiwa Holistik
Setiap industri pasti menghasilkan residu atas pengolahan barang mentah menjadi barang jadi, begitupula dengan PT Kanisius yang merupakan industri yang bergerak dibidang percetakan. Tentunya operasional di industri ini juga menghasilkan limbah, dari limbah padat seperti kertas, limbah cair serta limbah bahan berbahaya dan beracun.
Saat berkeliling bersama Ibu Christin saya jadi tahu pengolahan limbah di PT Kanisius baik itu yang Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun serta limbah cair. Untuk limbah cair, sejak tahun 2010 PT Kanisius sudah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang bisa mengolah air limbah dari cucian mesin cetak menjadi air yang bisa dipergunakan lagi untuk operasional. Hemat air 'kan?

Terima kasih kepada http://www.primahapsari.com/ dan Saudari Prima Hapsari atas pemuatan artikel berjudul "PT Kanisius Industri Percetakan yang Ramah Lingkungan" dimuat Rabu, 29 Mei 2019.