DARI MEDIA

Urgensi Pendidikan Literasi Sejak Dini

12-08-2019 12:50

United Nations Educational Sceintific and Cultural Organization (Unisco) beberapa waktu lalu merilis hasil survie gerakan Literasi internasional. yang mengejutkan adalah posisi Indonesia berada pada urutan 60 dari 61 negara yang menjadi objek survie intensive tersebut. Sebuah fakta bahwa posisi literasi bangsa kita masih kalah jauh dengan beberapa Negara di dunia, bahkan dengan Negara tetangga di asia.

Berangkat dari Fakta tersebut, maka perlu ada upaya strategis untuk membangkitkan semangat literasi tanah air, baik secara formal maupun non formal. Salah satu upaya nyata yang bisa dilakukan untuk meningkatkan semangat literasi di negeri ini adalah kegiatan literasi keluarga yang belakngan bisa kita sebut sebagai pengenalan literasi dini, model ini bisa dilakukan oleh setiap orang tua terhadap anak-anaknya dengan memperkenalkan sejumlah kegiatan literasi yang bersifat sederhana.

Seperti yang diurai oleh Sofie Dawayani dan Roosie Setiawan dalam buku Saatnya bercerita, Mengenalkan Literasi Sejak Dini terbitan Kanisius ini. Buku ini memuat sejumlah langkah kongkrit pengenalan dan penguatan literasi bagi anak tentu dengan beragam model yang sangat mudah untuk diaplikasikan, seperti membacakan buku cerita, berdonging, serta kegiatan lain yang bisa merangsang anak-anak untuk mengenal dunia literasi.

Kegiatan literasi dini dilakukan secara natural dalam lingkungan yang melibatkan orang-orang terdekat sehingga nyaman bagi anak. Lingkungan literasi dini seharusnya dilingkupi oleh interaksi yang berlandaskan prhatian, cinta kasih, dan penghargaan terhadap potensi anak, sehingga anak nyaman berbicara dan merasa dihargai. (Hal. 15).

Target utama dalam kegiatan literasi dini adalah terciptanya lingkungan belajar dalam keliuarga, termasuk juga membangun kebiasaan literasi pada anak, itu sebabnya kegiatan yang dianjurkaan dalam penerapan literasi keluarga menurut penulis adalah kegiatan yang ringan, santai namun menyentuh, seperti mengajak berbicara, menanyakan pertanyaan terbuka, bercerita, membacakan buku bergambar, mengidentifikasi beragam bentuk huruf dan angka, menggambar, serta bermain peran.

Terima kasih kepada Harian Solopos dan Saudara Ahmad Wiyono atas pemuatan resensi berjudul Urgensi Pendidikan Literasi Sejak Dini dari buku Saatnya Bercerita. Dimuat Minggu, 4 Agustus 2019.