DARI MEDIA

Kearifan Lokal Menguatkan Keluarga di Era Digital

11-11-2019 14:29

Maraknya kabar tentang kenakalan remaja, tawuran, kekerasan, hingga perundungan terhadap guru oleh siswa mencerminkan rapuhnya nilai-nilai adab, etika, dan sopan santun di sebagian kalangan generasi muda saat ini. Kepribadian anak dipengaruhi oleh berbagai faktor lingkungan. Di samping guru di sekolah, orangtua dalam keluarga juga berperan penting dalam membangun nilai-nilai adab dan sopan santun anak. Bahkan, keluarga merupakan unit sosial pertama yang paling memengaruhi anak.

Oleh karena itu, pengasuhan orangtua dalam keluarga akan menjadi fondasi penting bagi terbangunnya karakter seorang anak. Buku berjudul Psikologi Perkawinan dan Keluarga ini berisi berbagai bahasan dan topik aktual terkait pendidikan keluarga. Tina Afiatin dan kawan-kawan menghadirkan pembahasan terkait pendidikan keluarga secara runtut berdasarkan tahapan perkembangan. Mulai tahap awal pasangan baru, perkembangan keluarga saat memiliki anak balita, anak usia sekolah, anak remaja, masa launching centre (melepas anak menikah), tahap masa tengah baya, hingga masa lansia.

Terima kasih kepada Suara Merdeka dan Saudara Al-Mahfud atas pemuatan resensi Kearifan Lokal Menguatkan Keluarga di Era Digital dari Buku Psikologi Perkawinan dan Keluarga. Dimuat, Minggu, 22 September 2019.