DARI MEDIA

Pengembangan Kurikulum di Sekolah Inklusif

14-11-2019 11:29

Dalam pandangan masyarakat luas, pendidikan insklusif  sering dianggap sebagai pendidikan bagi anak penyandang disabilitas. Padahal anggapan itu kurang tepat, karena hakikat pendidikan inklusif ditujukan bukan hanya untuk siswa penyandang disabilitas saja, melainkan untuk setiap anak yang memiliki beragam kebutuhan berbeda dalam belajar.

Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggararaan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran secara bersama-sama dengan perserta didik pada umumnya (hal 21).

Agar tidak ada kesalahpahaman yang lebih dalam, buku ini hadir, mencoba menjawab kebingungan yang sering terjadi pada masyarakat. Dengan bahasa yang lugas dan aktual, kita akan diajak mengenal lebih dalam tentang  pengembangan kurikulum di sekolah inklusif.

Terima kasih kepada Radar Sampit dan Saudari Ratnani Latifah atas pemuatan resensi berjudul Pengembangan Kurikulum di Sekolah Inklusif dari buku Menjadi Guru Kreatif. Dimuat Minggu, 21 Juli 2019.