DARI MEDIA

Ataraxia: Bahagia Menurut Stoikisme

29-11-2019 14:37

Banyak jalan yang dilalui orang untuk mencapai sebuah kebahagiaan. Di Jepang terdapat konsep IKIGAI yang tujuannya meraih bahagia. Secara mudah, IKIGAI berarti "alasan keberadaan". Dengan memiliki alasan keberadaan, orang akan memiliki tujuan hidup. Sehingga bahagia lebih gampang diraih dan hidup lebih bersemangat. Ken Mogi dalam bukunya The Book of IKIGAI (Mizan, 2018) menunjukkan, IKIGAI dapat dicapai ketika seseorang mampu menyatukan empat hal: apa yang kita suka, apa yang kita bisa, apa yang bisa bayar kita, dan apa yang dunia butuhkan.

Apabila menjelajahi buku lain, ada juga buku menarik membahas bahagia. Adalah buku fiksi psikiater Prancis Francois Lelord berjudul Hector and the Search for Happiness (Noura, 2015). Buku tersebut mengisahkan tokoh psikiater bernama Hector. Hector melakukan perjalanan ke berbagai negara demi kegelisahannya hilang. Mencari penyebab bahagia. Ia mengamati dan mencatat alasan yang ditemukannya. Diantaranya adalah: 1) membuat perbandingan bisa merusak bahagia, 2) kebahagiaan sering datang di saat tidak terduga, 3) banyak orang melihat bahagia hanya di masa depan, 4) banyak orang mengira kebahagiaan berasal dari mendapat uang banyak, 5) kebahagiaan adalah perjalanan jauh di pegunungan indah dan asing, dan lain-lain. Setidaknya terdapat 23 poin alasan bahagia yang Hector dapat lewat observasinya.


Terima kasih kepada Kabar Madura dan Saudara Khoirul Muttaqin, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang atas pemuatan resensi Ataraxia Bahagia Menurut Stoikisme, dari buku Ataraxia: Bahagia Menurut Stoikisme. Dimuat, 5 September 2019.