CERITA KAMI

Keunggulan Arsitektural Masa Lampau

18-01-2019 10:17

Di Indonesia, terutama di Pulau Jawa dan Bali, berdiri bermacam candi. Sebagai bangunan yang berumur ratusan, bahkan ribuan tahun, candi merupakan warisan arsitektur agung (grand architecture) dari nenek moyang kita. Bahkan, sebagaimana dikatakan dalam buku ini, candi merupakan representasi keunggulan arsitektural pada peradaban masa lampau Indonesia yang seyogiaya perlu dipelajari generasi sekarang demi pengembangan arsitektur di Indonesia di masa kini dan masa mendatang.

Di buku ini, kita didedahkan berbagai hasil riset yang dilakukan para tim peneliti mengenai berbagai candi di Indonesia dari sudut pandang arsitektur. Hal ini penting, mengingat selama ini tinjauan mengenai percandian di Indonesia lebih dominan bersifat antropologis dan arkeologis ketimbang arsitektur. Ketekunan menggali dan menelaah arsitektur candi yang dilakukan tim peneliti kemudian mendedahkan konsep tatanan, geometri, sosok, unsur-unsur, dan proporsi candi yang kemudian menunjukkan khasanah arsitektural di Nusantara.


Terima kasih kepada Tribun Jateng dan Saudara Al-Mahfud atas pemuatan resensi berjudul Keunggulan Arsitektural Masa Lampau dari buku Eksistensi Candi, dimuat Minggu, 13 Januari 2019.