CERITA KAMI

Mitos Kecantikan Perempuan dalam Iklan

23-01-2019 10:15

Hari ini, kita sudah biasa melihat para perempuan menghabiskan banyak uang untuk perawatan kecantikan. Bahkan, tak sedikit perempuan menyediakan dana khusus rutin setiap bulan untuk perawatan. Kecantikan menjadi hal penting bagi perempuan mana pun. Dalam hal ini, warna kulit menjadi salah satu aspek paling krusial ketika bicara kecantikan. Perempuan sekarang ingin selalu memiliki kulit putih, bersih, halus, bahkan bercahaya, seperti yang terlihat dari para model iklan kecantikan di televisi yang tampak cantik, putih, bersih, dan bersinar.

Perempuan pun sibuk mengurus kulit. Mereka merasa perlu memiliki kulit yang sama bagusnya dengan para model iklan di televisi. Maka, berbagai cara atau perawatan dilakukan demi kulit yang diinginkan. Bahkan, banyak yang tak peduli bagaimana karakter dan warna asli kulit mereka yang sebenarnya berbeda dengan apa yang ditunjukkan model iklan. Di sini, kita mulai melihat bagaimana iklan memengaruhi perempuan dalam memandang kecantikan kulit. Definisi kulit cantik didikte oleh iklan. Bahwa perempuan yang cantik adalah yang berkulit putih, mulus, dan bercahaya. Seakan-akan, perempuan yang memiliki karakter warna kulit berbeda tak berkesempatan menjadi cantik. Apakah benar demikian?

Terima kasih kepada Jawa Pos Radar Mojokerto dan Saudara Al-Mahfud atas pemuatan resensi Mitos Kecantikan Perempuan dalam Iklan dari buku berjudul Politik Warna Kulit Perempuan dalam Dunia Periklanan, dimuat Minggu, 13 Januari 2019.