CERITA KAMI

Bersinergi, Berbakti, Bertumbuh dalam Keberagaman

01-02-2019 09:55

Menjelang akhir tahun lalu, para karyawan PT Kanisius di unit-unit kerja berinisiatif melakukan agenda tutup tahun dengan aneka variasinya menurut cita rasa unit kerja masing-masing. Ada unit kerja yang membuat perjalana nrekreasi kepantai, kegunung, ketaman, sekada rmakan bersama, atau ber-fun game di area kantor. Apa pun bentuk kegiatan rekreatif yang dilakukan, tujuannya sama, yaitu menyukuri tahun yang sudah dilewati sekaligus menautkan hati satu sama lain sebagai timkerja yang solid. Dalamkegiatan-kegiatan rekreatif seperti ini, saya merasakan paduan antara letupan gairah eksploratif dan kearifan memandang serta memaknai peristiwa. Dalam kegembiraan dan soliditas tim, kita bersama-sama menyatukan energi untuk menjawab “SIAP” terhadap tantangan yang akan datang.

Paduan Eksplorasi dan Kearifan

Tim solid yang saling menyatukan energi ini terdiri dari berbagai usia dan generasi. Ada karyawan yang sudah melewati puluhan tahun bersama jatuh bangunnya Penerbit-Percetakan Kanisius, ada yang baru beberapa tahun bergabung namun sempat mengalami dinamika Penerbit-Percetakan Kanisius yang terlahir barusebagai PT Kanisius, dan ada juga yang masa kerjanya di bawah 5 tahun sehingga tidak merasakan periode sebelum kelahiran PT Kanisius. Dalamdinamika harian PT Kanisius, masing-masing mereka memberikan diri dan perspektifnya untuk menuju Kanisius masa depan.

Kebetulan saya sempat mengikuti salah satu rekreasi karyawan kepantai. Di kesempatan itu, saya melihat semangat dan keinginan para karyawan muda untuk berenang ketengah lautan menantang terjangan ombak. Mereka tertawa, berteriak, meletupkan energi saat gelombang besar menggulung dan mengayun mereka dengan ganas. Sementara di pinggir pantai, para karyawan senior membenamkan diri di tepian yang dangkal, bermain percikan air sembari memperbincangkan kekuatan samudera, hembusan angin pantai, tajamnya karang, dan teriknya mentari. Mereka antisipatif terhadap semua yang diperbincangkan itu. Teriakan bangga generasi muda diantara gemuruh gelombang berpadu  dengan penglihatan bijak generasi pendahulu tentang samudera, angin, karang, dan mentari. Terbersit dalam benak saya, paduan seperti inilah yang akan melahirkan sinergi, untuk menjawab tantangan dengan sikap bakti, dan semangat terus bertumbuh bagi PT Kanisius.

Peneguhan Komitmen

Tahun 2019 adalah tahun ke-5 bagi PT Kanisius.Usia ini sert merta meneguhkan kembali semangat Sinergi Bakti untuk Negeri yang sudah didengungkan sejak tahun lalu. Dalam semangat ini, terkandung dorongan untuk membuka diri, melayani, menyetiai, memberikan persembahan yang layak, serta tumbuh berkembang dalam keberagaman di Bumi Pertiwi. Sudah semestinya, insan Kanisius semakin kokoh dalam hal ke-jujur-an, ke-disiplin-an, ke-sigap-an, kompetensi, melalui proses pembelajaran yang terus menerus mengikuti gerak zaman. Kelima hal ini perlu diaktualisasikan dengan antusiasme khas kaum muda yang kritis, cepat, dan berorientasi pertumbuhan. Seperti kaum muda yang gembira berenang ketengah laut menantang ombak saat rekreasi kepantai, demikianlah semestinya PT Kanisius menanggapi gerak zaman.

Idealisme tentang masyarakat nasionalis dan bermartabat yang dihidupi oleh PT Kanisius sejak kelahirannya di 2014, disadari mesti secara kreatif dikomunikasikan dengan lebih cair dan bersahabat. Kini, memasuki tahun politik menjelang pesta demokrasi, bahkan tidak lagi cukup komunikasi cair dan bersahabat, PT Kanisius mesti mampu hadir sebagai bagian dari energi muda yang siap bersinergi membangun Negeri bersama siapa saja tanpa sekat keberbedaan. Semangat transparansi, independensi, akuntabilitas, responsibilitas, toleransi, dan keadilan, menjadi dasar gerak dan cara bertindak PT Kanisius. Inilah kearifan yang tak boleh lepas oleh gegap gempita kemudaan. Seperti kaum tua yang bijak memandang sekeliling pantai dengan matahatinya, demikianlah semestinya PT Kanisius memberikan dasar pada pilihan tindakannya.

Dunia Digital dan Inovasi

Bagaimanapun juga, gerak zaman sangat dipengaruhi oleh kaum muda. Karena itu, jika zaman dan kaum mudanya bergerak ke dunia digital, PT Kanisius pun harus mengakrabi dunia ini dengan segala percepatan proses yang menjadi konsekuensinya.  Budaya one click tak mungkin dihindari, sebaliknya mestidipeluk. Karakteristik baru berbasis digital harus digumuli oleh PT Kanisius dalam memberikan pelayanan penerbitan media, jasa cetak grafika, dan perdagangan.Ciri interaktif, virtual, dan simulatif harus diramu dalam karya pelayanan yang tetap bermakna bagi pelanggan dan mitra kerja.Inilah saatnya bagi PT Kanisius berselancar di samudera digital, mendayagunakan teknologi untuk membangun pertumbuhan melalui berbagai peluang usaha, memperbarui teknologi produksi dan layanan pelanggan, mengembangkan inovasi kreatif, bersinergi dalam jejaring tanpa batas, dengan tetap mengedepankan penghargaan terhadap martabat ciptaan.

Usaha-usaha berciri formal konvensional lambat laun telah digeser oleh temuan-temuan kreatif berunsur seni. Karena itu, menciptakan inovasi kreatif merupakan tantangan yang mesti diambil oleh PT kanisius dengan sumber daya yang dimiliki.Untuk itu diperlukan lingkungan dan suasana kerja yang mendukung lahirnya kreativitas, dengan tetap menerapkan standar profesionalitas, baik dalam menjalankan proses bisnis internal maupun dalam mengelola sumber daya manusia.

Agar dinamika kerja PT Kanisius ke depan tidak terjebak dalam rutinitas yang monoton, perlulah membuka ruang segar bagi gagasan-gagasan out of the box, misalnya melalui kegiatan kompetisi inovasi, forum diskusi kelompok pengembangan ide peluang bisnis, kompetisi pengajuan proyek khusus, dan hal-hal serupa yang seru dan produktif.

Perjalanan Menuju Satu Abad

Saat PT Kanisius memasuki tahun ke-5, perjalanan Kanisius dalam karya penerbitan dan percetakan sebenarnya telah dijalani selama hampir satu abad. Perjalanan panjang ini tentu memberikan arti mendalam tentang peziarahan dan pergulatannya. Syukur kepada Tuhan bahwa peziarahan selama 97 tahun boleh kita alami sebagai berkat dan rahmat. Semoga, menjelang satu abad perjalanan karya, semakin banyak berkat dan rahmat yang dialirkan melalui kehadiran PT Kanisius bagi Bangsa dan Negara Indonesia.

 

Mg. Sulistyorini

Direktur PT Kanisius