CERITA KAMI

Seni Menata Cahaya

02-02-2019 09:54

Desain pencahayaan buatan dalam ruangan merupakan unsur sangat penting. Dengan kontribusi pencahayaan buatan yang terencana maka sebuah ruangan dapat dipastikan memiliki daya guna yang lebih kuat, penampilan lebih menarik, serta lebih dihargai.

Berbeda dengan pencahayaan buatan di luar ruangan sepertijalan, kebun, taman bermain tempat rekreasi, atau lapangan olahraga outdoor. Penerapan pencahayaan eksterior tersebut tidak ditujukan untuk berlangsungnya suatu fungsi kegiatan namun lebih dilakukan untuk pencapaian dari aspek estetika, keamanan, gengsi,brand, trik marketing dan lain sebagainya (hlm 14).

Setiapruang yang berbeda fungsi memerlukan prioritas dan penekanan desain pencahayaan buatan yang berbeda-beda pula. Lobi hotel akan menuntut prioritas perancangan padaa spekkualitas pencahayaan dengan empasi terhadap kenyamanan psiko-visual yang dapat menonjolkan aspek mengundang, ramah, megah,dan mewah.

Terima kasih kepada Koran Radar Madura dan Ibu Mamluatul Bariroh Kepala Sekolah Raudlatul Athfal Pakandangan Barat, Bluto Sumenep atas pemuatan resensi berjudul Seni Menata Cahaya Dari buku Desain Pencahayaan Buatan Dalam Arsitektur, dimuat Rabu, 30 Januari 2019.