CERITA KAMI

Katekese Kebangsaan dalam Konteks Politik Masyarakat Indonesia

13-02-2019 11:25

Pada Senin sore yang hujan itu, Mgr. Robertus Rubiyatmoko di dampingi Rm. YR. Edy Purwanto (Vikjend KAS) dan para imam Ketua Komisi Kateketik Regio Jawa lainnya memimpin Ekaristi di Kapel Richardus, Pusat Pastoral Sanjaya Muntilan. Ekaristi tersebut diselenggarakan untuk memulai rangkaian Temu Karya Komisi Kateketik Seregio Jawa 2019 yang mengambil tema “Katekese Kebangsaan dalam Konteks Politik Masyarakat Indonesia”. Pertemuan ini diadakan pada 4–7 Februari 2019 dan dihadiri 72 orang dari perwakilan 7 keuskupan regio Jawa, STPKAT Semarang, IPPAK Yogyakarta, PT Pohon Cahaya, dan Penerbit Percetakan PT Kanisius. Dalam kesempatan ini, PT Kanisius terlibat aktif, baik membuka stand dengan berbagai buku yang selaras tema, maupun menjadi peserta kegiatan (Tano-Red. Gerejawi).

Dalam pertemuan karya ini, masing-masing keuskupan membagikan aktualia mengenai apa yang telah dikerjakan selama setahun lalu sebagai tindak lanjut atas pertemuan karya 2018. Selain itu, ada sesi lokakarya bersama tiga narasumber, yaitu Halili M.A (Dosen dan Riset Setara Institute), Listia M.Hum (Peneliti dan Penggerak Interreligius), dan Y. Niken Sasanti, M.Pd (Kepala Sekolah SMP Negeri I kota Yogyakarta). Mereka membagikan wacana mengenai pendidikan berparadigma Pancasila, penguatan komunitas basis sebagai modal sosial membangun jejaring lintas elemen, dan penyediaan literasi Pancasila yang kuat.

Setelah pemaparan wacana dan inspirasi tadi, Rm. A. Bagus Laksana SJ menjadi perumus dan penelaah ahli atas lokakarya tersebut. Rm. Bagus menyampaikan bahwa katekese memiliki peran untuk mengkontekstualisasikan iman dengan membagikan gambaran Allah Yang Maharahim dan membagikan berkat untuk semua orang. Rm. Bagus juga menyinggung mengenai kunjungan Paus Fransiskus ke Abu Dhabi. Paus bersama Imam Besar Al-Azhar menandatangani Deklarasi yang disebut “Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Berdampingan” guna mendorong untuk hubungan yang lebih kuat antara umat manusia.

Setelah acara ini, para pengurus Komisi Kateketik masing-masing keuskupan di regio Jawa diutus untuk mengejawantahkan katekese kebangsaan yang bersumber pada kasih Allah Yang Maharahim di tengah dinamika umat manusia. PT Kanisius pun turut mengambil bagian dalam Karya Komisi Kateketik Regio Jawa dengan menerbitkan  8 seri buku “Formatio Iman Berjenjang”. Seri tersebut adalah Pendampingan Iman Katolik untuk Usia Dini, Anak-anak, Remaja, Orang Muda, Orang Dewasa, Keluarga, dan Usia Lanjut, serta seri Tangguh Dalam Iman untuk orang muda juga. Buku ini ditulis oleh masing-masing komisi kateketik di keuskupan regio Jawa.

Dalam acara peluncuran buku ini, Bapak Chrispinus Subagya, Kepala Departemen Gerejawi, Bapak Paulus Widiantara, Pemasaran Gerejawi, dan Bapak Ignasius Dwi Harsantya, Pemasaran KEP hadir sekaligus menyerahkan seri buku kepada Pengurus Komisi Kateketik Regio Jawa. Ke depan, relasi seperti ini akan terus dijaga dan ditumbuhkembangkan demi kebaikan bersama sebagaimana misi utama  PT Kanisius untuk melibatkan diri dalam karya Gereja.

*Tano-Gerejawi