CERITA KAMI

Launching Seri Buku Katekese: Formatio Iman Berjenjang

25-02-2019 11:52

Kamis, 7 Februari 2019 merupakan hari terakhir Temu Karya Komisi Kateketik Regio Jawa yang dilakukan Pusat Pastoral Sanjaya Muntilan (PPSM). Kegiatan yang berlangsung sejak Senin, 4 Februari ini mengambil tema “Katekese Kebangsaan dalam Konteks Politik Masyarakat Indonesia”. Para pengurus Komisi Kateketik per Keuskupan Regio Jawa (Keuskupan Bogor, Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Bandung, Keuskupan Agung Semarang, Keuskupan Purwokerto, Keuskupan Surabaya, dan Keuskupan Malang) hadir untuk mengikuti kegiatan ini, pun pula PT Kanisius. Kehadiran PT Kanisius selain menjadi salah satu peserta kegiatan dan membuka stand penjualan buku adalah untuk melakukan serah terima sekaligus peluncuran perdana seri buku Formatio Iman Berjenjang.

Dalam acara ini, perwakilan PT Kanisius hadir, yaitu Bapak Chrispinus Subagya atau yang akrab dipanggil Pak Chris (Kepala Departemen Penerbitan Gerejawi), Bapak Ignasius Dwi Harsantyo (Pemasaran KEP), dan Bapak Paulus Widiantoro (Pemasaran Gerejawi). Pak Chris hadir dalam acara ini sekaligus menjadi pihak yang menyerahkan seri buku Formatio Iman Berjenjang kepada Ketua Komisi Kateketik Regio Jawa, Rm. Laurensius Rony, Pr. Dalam penjelasannya, Pak Chris menuturkan bahwa buku ini sekarang sudah kembali pada para pengarangnya. “Tahun lalu, Anda semua yang berproses dalam penulisan. Masing-masing keuskupan (red–Regio Jawa) menuliskan sesuai dengan jenjang yang dipilihkan, mulai dari Usia Dini, Anak-anak, Remaja, Orang Muda, Dewasa, Keluarga, dan Usia Lanjut. Kini, seri buku ini kembali kepada Anda semua untuk dijalankan di masing-masing keuskupan”, tuturnya. Dengan demikian, launching seri buku katekese ini menjadi tonggak masing-masing keuskupan untuk mempraktikkan bersama para pengurus komisi katekesenya.

Seri Buku Formatio Iman Berjenjang ini merupakan tindak lanjut Pertemuan Komisi Kateketik Regio Jawa di Bogor tahun 2015. Masing-masing Komisi Kateketik menyadari pentingnya katekese berjenjang, maka mereka menyetujui untuk menyusun bahan katekese dalam bentuk seri buku berdasarkan jenjang usia. Isi yang disusun pun juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing jenjang. Seri  buku ini diterbitkan untuk digunakan para katekis dan penyelenggara katekese sampai pada tingkat komunitas basis.

Selain tujuh (7) seri tersebut, masih ada satu buku lagi khusus untuk orang muda dengan judul “Tangguh Dalam Iman”. Dengan satu buku ini, maka genaplah seri buku Formatio Iman Berjenjang dari Komisi Kateketik Regio Jawa. Ke depan, seri buku ini akan menjadi acuan utama masing-masing keuskupan di regio Jawa. “Harapannya buku ini juga bisa digunakan untuk semua keuskupan, tidak hanya yang berada di Jawa”, tambah Rm. FX. Sugiyono Pr, Ketua Komisi Kateketik Keuskupan Agung Semarang.

*Tano­-Gerejawi