CERITA KAMI

Catatan Kunjungan Universitas Negeri Jakarta - Program Studi Sastra Inggris

27-02-2019 14:20

Selasa, 26 Februari 2019 lalu PT KANISIUS mendapatkan kunjungan dari Prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta. Lebih kurang 70 mahasiswa/mahasiswi  Prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta hadir memenuhi Ruang Kepodang yang memiliki kapasitas hingga 300 orang ini. Kunjungan Prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta ini merupakan bagaian dari Kuliah Kerja Lapangan. Mahasiswa/mahasiswi yang hadir sebagaian besar adalah angkatan 2016, yang artinya mereka adalah mahasiswa/mahasiswi Prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta tingkat akhir. Sungguh merupakan kebanggaan bagi PT KANISIUS karena telah terpilih oleh Prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta dari sekian banyak perusahaan yang ada di Yogyakarta. Salah satu alasan pemilihan PT KANISIUS sebagai perusahaan tempat belajar mahasiswa/mahasiswi Prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta adalah karena PT KANISIUS dianggap sebagai perusahaan yang telah memiliki banyak pengalaman apalagi kini usianya telah mencapai 97 tahun. PT KANISIUS menyongsong usia 1 abad.

Acara dibuka oleh Bapak Charles Primacahya selaku Humas PT KANISIUS, yang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran company profile PT KANISIUS. Setelah selesai pemutaran company profile PT KANISIUS terdengar riuh tepuk tangan para mahasiswa/mahasiswi Prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta beserta dosen.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Atika selaku Ketua Program Studi Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta. Dalam sambutannya, Ibu Atika mengucapkan terima kasih karena PT KANISIUS bersedia untuk menerima rombongan dari Universitas Negeri Jakarta, khususnya program studi Bahasa Inggris. Selanjutnya dikatakan oleh Ibu Atika, setelah melihat tayangan company profile, tertarik akan bagian Kanisius Exclusive Publishing ( KEP ), bagian yang bisa menerbitan sebuah karya dengan tiras terbatas. Kemudian, Ibu Atika menantang PT Kanisius untuk datang ke Universitas Negeri Jakarta menawarkan program Kanisius Exclusive Publishing tersebut. Ibu Atika dalam sambutannya juga mengatakan “PT KANISIUS memang terpilih sebagai tempat kami untuk belajar, mahasiswa/mahasiswi ini perlu tahu dunia kerja karena sebentar lagi mereka ini lulus”

Sambutan berikutnya adalah dari Ibu Christin Natalia selaku Sekretaris Perusahaan yang mewakili Manajemen PT KANISIUS. Ibu Christin Natalia mengatakan bahwa “senang sekali PT KANISIUS, sebuah perusahaan yang telah 97 tahun ini, masih diminati untuk dikunjungi oleh generasi milenial” yang disambut senyum oleh para dosen dan para mahasiswa/mahasiswi Prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta yang hadir.

Berkaitan dengan bidang literasi dan penerbitan, PT KANISIUS menghadirkan Ibu Flora Maharani, beliau adalah Kepala Bagian Redaksi di Departemen Kependidikan - Umum.  Sesuai dengan keinginan dari Prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta, materi yang disampaikan oleh Ibu Flora Maharani adalah tentang struktur dan proses kerja di PT KANISIUS khususnya mengenai penerbitan buku. Acara belajar bersama ini menjadi lebih interaktif karena banyak mahasiswa/mahasiswi bertanya antara lain tentang : prosedur memasukkan naskah, prospek bisnis penerbitan, kesalahan dalam konten atas buku yang sudah  diterbitkan, juga mengenai rencana terbitan buku-buku Kanisius ke depannya. Waktu yang dialokasikan untuk tanya jawab dapat dimanfaatkan seara optimal. Lebih seru karena beberapa mahasiswa/mahasiswi merupakan salah satu pembaca buku terbitan PT KANISIUS. Salah satu diantaranya bahkan adalah seorang penggemar buku filsafat. 

Demikian, semoga kunjungan dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan Prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta ini dapat menyemangati mereka dalam menggapai cita-cita hingga lulus dan masuk ke dunia kerja. Semoga kerjasama ini dapat terus terjalin dengan baik. Salam literasi.

 

*avs