CERITA KAMI

Membangun Jaringan Komunikasi Santun

28-02-2019 09:11

Komunikasi merupakan sarana paling penting dalam jagat kehidupan manusia. Komunikasi membutuhkan aturan etis agar menghasilkan suasana nyaman dan menyenangkan. Kedua belah pihak saat berkomunikasi saling membangun kesepahaman akademik dan etik (sopan). Komunikasi dalam praktiK kehidupan sosial-kemasyrakatan mewujud kata-kata. Kata-kata saja tidak cukup untuk mewakili kamus komunikasi. Sebab, kata-kata membutuhkan rima, irama, dan mimik saat dilontarkan. Komunikasi yang baik adalah integerasi antara kata, gerak, dan makna. Pertimbangan melontarkan satu kata kepda komunikan akan menetralisir kekeliruan.

Buku ini menjelaskan tentang tatacara berkomunikasi dalam ruang lepas. Etika dan etiket merupakan pasangan kata yang maknanya saling menyempurnakan. Secara sederhana, etika dimaknai dengan materi tekstual. Sedangkan etiket bisa dimaknai dengan sederet perilaku yag dilandasi oleh kesantunan (etika). Etiket sendiri diadopsi dari bahasa Prancis etiquette yang berarti kebiasaan sopan. Kebiasaan sopan bisa muncul dalam perilaku keseharian. Mulai dari kehidupan keluarga, sosial, dan kebangsaan. Perilaku sopan harus dibangun sejak dini. Sebab, kebiasaan yang baik akan menciptakan peradaban yang bermartabat. Perilaku membutuhkan keteladanan, sehingga etiket dari Teladan dalam satu komunitas jauh lebih kuat dibanding pembelajaran formal di forum/lembaga.

Terima kasih kepada Radar Madura dan Saudara Zaitur Rahem atas pemuatan resensi Membangun Jaringan Komunikasi Santun dari buku berjudul Etika & tiket Komunikasi. Dimuat Selasa, 26 Februari 2019.