CERITA KAMI

Pendidikan Seks untuk Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD)

20-05-2019 13:27

Memasuki usia remaja, biasanya anak mulai memiliki dorongan seksual. Secara biologis, tubuh anak juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Untuk itu, sudah seharusnya orang tua memberikan panutan, bimbingan, dan pemahaman yang tepat sehingga anak mampu melewati masa puber dengan baik.

Seperti anak pada umumnya, demikian pula Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) atau sering kita sebut anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). Oleh karena itu, alangkah baiknya jika orang tua anak dengan ASD membekali anak dengan pendidikan seks yang cukup sejak dini, sebelum anak memasuki usia remaja. Masalahnya, menjelaskan perihal seks kepada anak, apalagi anak berkebutuhan khusus, sering kali merupakan hal yang tidak mudah. Bagaimana cara yang tepat agar pendidikan seks mudah diterima dan dipahami anak?

Buku ini berisi informasi dan saran-saran praktis mengenai upaya terstruktur dalam mengembangkan pemahaman pada anak ASD terkait masalah seksualitas dan pubertas secara positif, tidak mengacu pada perilaku seksual tertentu, misalnya masturbasi pada anak-anak ASD karena dilandasi oleh berbagai penelitian mengenai perkembangan perilaku seksual anak ASD dan pendekatan yang positif.

Buku ini memberikan teknik dan strategi dalam mempersiapkan dan mengajarkan anak ASD mengenai seksualitas dan pubertas didasarkan pada tiga (3) domain utama, yakni: perkembangan, perilaku, dan edukasi.

Buku ini memberikan berbagai contoh praktis, sederhana, dan fungsional sehingga dapat diterapkan oleh orang tua/keluarga, guru, terapis, dan para praktisi lainnya. Meskipun isi buku ini merepresentasikan pengalaman penulis dalam memberikan intervensi dan bekerja sama dengan anak ASD beserta keluarganya, namun secara objektif didasarkan juga pada perkembangan kajian teoritik dan praktik saat ini.

Dengan bekal dan persiapan yang cukup, remaja dengan ASD akan mampu memasuki dewasa dengan baik seperti remaja pada umumnya. Semoga buku ini bermanfaat.