CERITA KAMI

Cerita singkat kunjungan “BA” ke PT KANISIUS

22-05-2019 14:58

Sabtu tanggal 30 Maret 2019 saya dan tim jurnalistik SMA N 1 Babadan berkunjung ke PT Kanisius yang ada di Jogja. Sebelum lanjut perjalananku dan teman-teman kesana saya ingin menjelaskan apa sih PT Kanisius itu, PT Kanisus adalah sebuah badan usaha yang menerbitkan juga mencetak berbagai jenis buku. Tapi sekarang tak hanya penerbit dan juga percetakan, PT Kanisus juga melebarkan sayap dan memiliki badan usaha perdagangan. PT Kanisius ini sudah berdiri sejak lama loh ternyata, yaitu sejak tahun 1922. PT Kanisius ini juga pernah dipercaya untuk mencetak mata uang negara kita. Gimana sudah kenal kan apa sih PT Kanisius itu? Mari kita lanjut bercerita pengalamanku dan teman-teman ketika berkunjung kesana.

First impression ketika tiba di PT Kanisius saya pribadi speechless banget karena selain kagum saya juga merasa bangga karena mendapat kesempatan untuk berkunjung kesana. Tiba disana kami disambut dengan hangat oleh pihak PT Kanisius, kami di ajak ke Taman Komunikasi yang ada di PT Kanisius disana ada berbagai macam buku dan juga peralatan gereja. Karena PT Kanisius tidak hanya menjual belikan buku tapi juga peralatan gerejawi juga. Setelah melihat-lihat buku disana kami diajak kesebuah aula dan disana kami berkesempatan diberi pengalaman oleh Humas PT Kanisius yaitu Bapak Charles, beliau memberikan banyak sekali pengalaman yang tentunya dapat dijadikan motivasi bagi saya dan juga teman-teman. Selain itu kami juga di perkenalkan mengenai dunia penerbitan dan juga percetakan oleh Kak Putut. Kak Putut ini orangnya asik banget suka ngelawak gitu. Setelah mendapat banyak sekali materi, kami juga mendapat kesempatan untuk melihat langsung proses percetakan yang ada di PT Kanisius ini. Tapi sebelum masuk ke area percetakan kami dibagi menjadi 3 kelompok  yang beranggotakan 15 anak. Dan saya mendapatkan kloter ke-3 jadi belakangan gitu. Ketika masuk ke area percetakan jujur awaln yang merasa wow banget karena saya berpikir kapan lagi kalau bukan sekarang untuk mendapatkan kesempatan yang jarang orang lain dapatkan. Saya dan teman-teman mulai memasuki area percetakan proses demi proses percetakan kami lihat secara langsung.

Setelah melihat-lihat proses percetakan ternyata Bapak Charles memberikan diskon 20% untuk kepada kita yang minat untuk membeli buku-buku yang ada di Taman Komunikasi yang kita bicarakan di awal. Banyak diantara kita yang berminat untuk membeli bukunya PT Kanisius ini ya karena kualitasnya yang tidak diragukan lagi pastinya. Untuk keseluruhan cerita pengalaman saya berkunjung ke PT Kanisius yaitu luar biasa sekali saya bisa kesana dan ini akan menjadi pengalaman dan kenangan yang tidak akan saya lupakan sampai kapanpun. Terima kasih untuk Pembina dan pembimbing ekstra jurnalistik SMA N 1 Babadan yang telah mengadakan kunjungan ini guna meningkatkan pengetahuan mengenai dunia jurnalistik, dan juga semua pihak yang berkontribusi kalian luar biasa.
 

*Vanidatus Syafira (X MIPA 2)