CERITA KAMI

Sarasehan: Menggali Kekayaan Sabda Tuhan Kepada Santa Faustina

14-06-2019 14:14

Sebelum pukul 08.00 WIB, aula bawah Gereja Santo Yakobus Surabaya sudah ramai dipenuhi peserta sarasehan. Pada hari tersebut--Sabtu, 18 Mei 2019--di tempat tersebut diadakan sarasehan dengan tema “Menggali Kekayaan Sabda Tuhan kepada Santa Faustina”. Acara sarasehan ini terselenggara atas kerja sama antara Paguyuban Devosi Kerahiman Ilahi (PDKI) Keuskupan Surabaya dengan PT Kanisius. Sarasehan ini diikuti oleh anggota Paguyuban Devosi Kerahiman Ilahi Keuskupan Surabaya yang tersebar di berbagai paroki di Keuskupan Surabaya.

Acara sarasehan dimulai pukul 09.00 WIB. Pembukaan acara dimeriahkan oleh tim singer dari kelompok PUDOKORMAN (Pujian Doa Koronka dan Firman) Paroki Santo Yakobus, Surabaya. Tim singer menyanyikan lagu-lagu rohani dengan sangat indahnya sehingga peserta tergerak untuk turut menyanyi bersama. Sebagai moderator PDKI Keuskupan Surabaya, RD A.P. Dwi Joko berkenan memberikan sambutan dan memimpin doa pembukaan.

Dalam sarasehan ini, RP Ag. Parso Subroto, MSF menggunakan buku “Sabda Tuhan kepada Faustina” sebagai pijakan berbagi pengalaman rohaninya kepada Paguyuban Devosi Kerahiman Ilahi Keuskupan Surabaya. RP Ag. Parso Subroto, MSF mengawali sesi pertama dengan menyanyikan lagu dan memperkenalkan diri. Sarasehan kali ini terbagi dalam dua sesi dan diselingi dengan istirahat. Dalam setiap sesinya, RP Ag. Parso Subroto, MSF membagikan pengalaman rohaninya dalam menghayati sabda Tuhan seperti yang disampaikan kepada Santa Faustina. Kabar gembira Kerahiman Ilahi ini diwahyukan Tuhan kepada Santa Faustina, dan beliau yang kemudian mendapat panggilan untuk menyebarkannya kepada sebanyak mungkin umat. Perjumpaan Santa Faustina secara rohani dengan Tuhan dituliskannya dalam sebuah catatan harian. Catatan harian ini sudah diterjemahkan dari bahasa aslinya oleh Bapak Stefan Leks dengan judul “Buku Harian Santa Faustina”. Beliau pula yang kemudian menyarikan sabda-sabda Tuhan kepada Santa Faustina dalam tiga jilid buku baru yang berjudul “Sabda Tuhan kepada Faustina”. Kedua judul buku tersebut diterbitkan oleh PT Kanisius.

Rm. Parso Subroto menyelingi paparan pengalaman rohaninya dengan lagu-lagu yang sesuai sehingga suasana menjadi lebih semarak. Banyolan-banyolan segar dilontarkan sehingga acara semakin meriah dan hidup. Setelah sesi pertama ada pembagian doorprize dari PT Kanisius untuk mengisi waktu istirahat. Tim singer menyemarakkan waktu istirahat dengan lagu-lagu rohani yang dilantunkan dengan sangat merdu. Rm. Parso Subroto, MSF pun melayani foto bersama dengan peserta saat jeda waktu istirahat. Sesi kedua Rm. Parso Subroto melanjutkan sharing pengalaman rohani dan kemudian membuka kesempatan tanya jawab. Sebelum acara diakhiri, panitia kembali membagikan doorprize dari PT Kanisius dan dari panitia sarasehan. Kemudian sambutan singkat dari PT Kanisius diberikan oleh Kepala Kantor Pemasaran Surabaya (Bapak Luis) dan sambutan dari ketua PDKI Paroki Santo Yakobus Surabaya oleh Bapak Jakobus Subijanto. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh RP Ag. Parso Subroto, MSF. Setelah doa penutup, tim singer meminta RP Ag. Parso Subroto, MSF untuk menyanyikan sebuah lagu. Sebelum peserta pulang, ada kesempatan foto peserta secara per paroki dengan RP Ag. Parso Subroto, MSF dan RD A.P. Dwi Joko.

*Anton Prima