CERITA KAMI

Pemimpin: Menginspirasi

25-06-2019 13:07

Saat menulis “Cerita Kami” ini, saya mengenang kembali sekian waktu bekerja sama dengan Pak Heri Soesanto, penulis buku PEMIMPIN, Menciptakan Budaya Unggul Generasi Milenial. Saya membuka lagi catatan pertemuan dengan Beliau. Pertama kali bertemu di PT Kanisius pada tanggal 4 Juli 2018. Kesan pertama, Pak Heri adalah pribadi yang bersahaja, ramah, dan ringan hati untuk berbagi ilmu dan kemampuan yang dimiliki. Sebelumnya, Manajemen kami sudah bertemu dengan Pak Heri untuk menggagas kemungkinan kerja sama penerbitan buku. Mengingat kesibukan Beliau yang luar biasa sebagai Corporate Human Resources Director yang bertanggung jawab pada pengelolaan seluruh sumber daya manusia Mayora Group, baik di dalam maupun luar negeri, kami menawarkan co-writer untuk membantu Beliau. Namun, kami ternyata salah duga. Pada pertemuan tanggal 4 Juli 2018 itu, Beliau sudah menyelesaikan Bab I, sesuai dengan konsep naskah yang Beliau usulkan beberapa hari setelah bertemu Manajemen Kanisius. Luar biasa. Naskah Bab I setebal 34 halaman A4 ini menyadarkan saya, Beliau siap menulis secara mandiri keseluruhan naskahnya.

Kami mulai berproses bersama. Kami menyepakati timeline dan setiap saat saling mengecek progress-nya. Setiap bulan Beliau mengirimkan setiap bab. Bab terakhir, Bab V, dikirimkan pada akhir November 2018. Setiap mendapat satu bab, saya menyunting, lalu mengirimkan kembali kepada Beliau. Setelah lima bab selesai edit, Beliau mencermati lagi secara keseluruhan. Beliau juga sangat teliti mencermati ejaan dan pemenggalan kata. Sebagai editor buku Pak Heri, saya merasa sangat beruntung. Pekerjaan sebagai editor dimudahkan. Bagaimana tidak? Kesepakatan timeline dijalankan, di tengah kesibukan Beliau yang sangat padat, antara mengurus pekerjaan dan keperluan keluarga. Beliau memiliki komitmen tinggi untuk menyelesaikan karya yang sudah dimulai. Belum lagi ilmu yang saya dapatkan dengan mengedit naskah ini. Pengetahuan, pengalaman, dan kecakapan Beliau tampak dalam konsep naskah, alur berpikir yang runtut, pilihan kata dan bahasa yang terstruktur, pilihan contoh kasus yang pas, serta contoh-contoh asesmen yang aplikatif. Bacalah buku ini, maka Anda akan tercerahkan oleh gagasan-gagasan yang ada di dalamnya.

Buku ini mengacu pada konsep manajemen perilaku organisasi yang diperkaya dengan pengalaman-pengalaman yang terjadi di banyak perusahaan dan organisasi besar, khususnya di Indonesia. Menjadi pemimpin generasi milenial, dengan segala karakter dan gaya kerja yang berbeda dengan generasi sebelumnya, membutuhkan strategi dalam managing task dan managing people. Dengan demikian pemimpin akan mampu menciptakan generasi-generasi yang kompeten dalam memimpin organisasi secara objektif dan fair bagi seluruh stakeholder organisasi. Buku ini juga mencontohkan banyak kasus nyata yang dihadapi dalam lingkungan organisasi atau perusahaan. Dilengkapi pula beberapa asesmen yang berkaitan dengan iklim kerja dan budaya kerja.

Pak Heri, terima kasih sudah boleh bekerja sama dalam penerbitan buku Bapak. Sungguh, saya terinspirasi oleh cara kerja dan manajemen waktu Bapak, komitmen dan kesungguhan Bapak dalam menyelesaikan naskah, pola kerja sama kita, serta kemurahan hati Bapak untuk berbagi banyak ilmu, khususnya tentang kepemimpinan dan manajemen sumber daya manusia. Kami tunggu naskah Bapak selanjutnya karena menulis itu “mengandung zat adiktif” J. Terima kasih, Pak Heri.

*Rosalia Emmy Lestari, editor