CERITA KAMI

Silaturahmi Perpustakaan Nasional RI dan PT KANISIUS, Perjumpaan Menggagas Kemajuan

27-06-2019 14:29

Kamis, 28 Juni 2019 PT KANISIUS mendapatkan kunjungan silaturahmi dari Perpustakaan Nasional. Tim dari Perpustakaan Nasional RI, yang berkunjung ada Ibu Koni dan Ibu Wuri dari bagian Deposit Karya Cetak Karya Rekam serta Bapak Heru dari BPAD DIY.


Kunjungan Perpustakaan Nasional ini dalam rangka menyaring aspirasi para penerbit, perwakilan dari Perpusnas RI dan Perpusda DIY. PT KANISIUS juga patut bersyukur dan berbahagia, karena Perpustakaan Nasional mengapresiasi ketertiban PT KANISIUS dalam menyerahkan Karya Cetak dan Karya Rekam untuk setiap terbitannya. Perpustakaan Nasional juga membuka diri untuk menerima segala masukan dan aspirasi untuk pengembangan Perpustakaan Nasional agar semakin dapat memberikan manfaat kepada masyarakat umum.


Merujuk pada UU No. 13 tahun 2018 tentang Karya Cetak Karya Rekam, setiap penerbit yang mendapatkan ISBN dari Perpusnas wajib mengirimkan 2 eksemplar hasil terbitannya ke Perpusnas dan 1 eksemplar ke Perpusda. Saat ini, buku-buku yang dikirimkan ke Perpusnas dikelola untuk kelestarian (1 eksemplar) dan untuk dilayankan kepada masyarakat (1 eksemplar). Sehingga masyarakat bisa membaca buku-buku dari penerbit seluruh Indonesia di Perpusnas Jakarta.


Kabar lain dan terkini dari Perpusnas adalah bahwa, Perpustakaan Nasional sedang berproses untuk semakin mengoptimalkan diri memberikan pelayanan kepada masyarakat luas. Perpustakaan Nasional sudah memiliki gedung baru yang dapat menampung aneka koleksi terbitan dari berbagai platform dan penerbit di seluruh Indonesia. Adanya tempat baru ini harapannya agar dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat luas. Selain itu, pembenahan fasilitas juga diperhatikan oleh Perpustakaan Nasional, hingga nantinya bisa menjadikan perpustakaan sebagai tempat rekreasi keluarga.


PT KANISIUS dalam bincang-bincang tersebut juga memberikan masukan agar link para penerbit dapat masuk di website laman KCKR sebagai salah satu bentuk sinergi. Hal ini penting, mengingat website https://www.perpusnas.go.id/ menjadi etalase perbukuan Indonesia dan menyimpan kekayaan intelektual berupa karya-karya tulisan. Adanya link ke penerbit diharapkan memudahkan akses kepada siapapun untuk tersambung dengan para penerbit.


Masukan yang kedua adalah kerja sama yang dapat dibangun lewat aneka kegiatan literasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. PT KANISIUS terbuka untuk kerja sama dalam berkegiatan literasi karena menyadari bahwa hal tersebut lebih efektif jika ada sinergi dengan banyak pihak.


Tak lupa Perpusnas mengingatkan adanya Hari Kunjung Perpustakaan setiap tanggal 14 September. Mengakhiri kunjungan, perjumpaan kurang lengkap tanpa berfoto bersama. Semoga kerja sama yang baik akan berbuah untuk kemajuan bangsa Indonesia tercinta. Terima kasih untuk kunjungan silaturahmi dari Perpustakaan Nasional RI dan BPAD DIY. Salam Literasi.

*Christin Natalia