CERITA KAMI

Adorasi: Saat Penuh Rahmat Bersama Yesus Dalam rangka HUT Pusat Spiritualitas (Puspita) Keuskupan Surabaya

05-07-2019 09:29

Kamis pagi 30 Mei 2019, lalu lintas di sekitar Jl. Ir. Soekarno, Surabaya terpantau lancar. Belum tampak kesibukan kendaraan yang biasanya berlalu-lalang, maklum hari itu tanggal merah. Tentu banyak orang menghabiskan waktunya di rumah. Tetapi tidak dengan orang-orang yang sudah sejak pagi bersiap-siap menyambut para tamu undangan dari berbagai daerah di Keuskupan Surabaya untuk menghadiri acara seminar sehari bersama Rama Emanuel Martasudjita, Pr yang diselenggarakan di kompleks Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC), Surabaya.

Berdelapan kami datang dari Kanisius untuk ikut memeriahkan acara Seminar, pun untuk semakin mendekatkan Kanisius di tengah-tengah umat Katolik Keuskupan Surabaya. Di saat panitia acara mengecek semua persiapan, kami pun menyiapkan buku-buku dan aneka barang devosi yang kami bawa untuk didisplay di arena depan pintu masuk utama ke auditorium UKDC. Tak berapa lama berselang, para peserta sudah mulai berdatangan. Sekitar pukul 9.00, peserta sudah mulai memenuhi ruangan auditorium UKDC. Barisan panitia yang menyambut para tamu dan peserta membantu mengarahkan para peserta ke tempat duduk yang masih tersedia. Slot kursi yang disediakan memang cukup banyak, ada kurang lebih 1.000 kursi yang sudah disiapkan, dari 1.000 tiket yang disediakan oleh panitia. Antusiasme umat Katolik di Keuskupan Surabaya untuk mengikuti kegiatan semacam ini rupa-rupanya sangat tinggi sekali.

Acara yang dihelat di salah satu kampus di Surabaya ini dibuka dengan sambutan yang meriah dari panitia, yang sebelumnya sudah mengajak para peserta untuk mendaraskan ‘’doa senakel’’.

Kata "Senakel" berasal dari bahasa Latin: Cenaculum, artinya kamar di tingkat atas, kamar loteng atau ruang atas.Sebelum Pentakosata, para rasul naik ke ruang atas, tempat mereka menumpang. Di ruang itu mereka berkumpul untuk menantikan turunnya Roh Kudus. Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, yang juga dihadiri oleh Maria, ibu Yesus (Kis 1:12-14; bdk. Luk 24:49). Itulah Senakel Perdana di Yerusalem. Jadi Doa Senakel adalah doa yang dilakukan oleh umat Katolik, yang dengan sehati sejiwa mereka berkumpul dan berdoa bersama Bunda Maria, seperti dalam Senakel Perdana di Yerusalem.

Selesai pendarasan doa Senakel, acara dibuka dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Panitia, yang mengungkapkan kegembiraan dan kebahagiaannya bahwa acara yang digelar hari ini merupakan salah satu acara untuk memperingati 13 tahun Puspita Keuskupan Surabaya. Perayaan khusus tahun ini tidak diselenggarakan pada tanggal 13 Mei (karena bertepatan dengan peringatan Bom di Gereja Ngagel Surabaya). Panitia menyediakan tiket sejumlah 1.000 dan habis terjual. Tentu ini sebuah momen istimewa untuk umat di Keuskupan Surabaya.

Sambutan kedua disampaikan oleh Direktur Utama PT Kanisius (Rm. E. Azismardopo, SJ) yang menyempatkan untuk hadir di acara ini, beliau menyampaikan selamat dan profisiat atas usia 13 tahun yang sudah dijalani dengan sangat baik oleh Puspita. Tentu banyak sumbangan yang sudah diberikan untuk menghidupkan spiritualitas umat. Sambutan dari Direktur Utama PT Kanisius dilanjutkan oleh Manajer Penjualan PT Kanisius (Bpk. Amb. Purwantoro) yang juga mengucapkan selamat untuk Puspita. Tak lupa, Bapak Antoro menyampaikan kepada para peserta bahwa di depan lobi auditorium sudah tersedia beragam produk buku dan aneka devosionalia dari PT Kanisius. Acara sambutan ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari panitia untuk Rm. Azis, yaitu sebuah pin berbentuk monstrans, yang disematkan langsung oleh Rama moderator Puspita, Rm. YPH Jelantik.

Masuk ke acara inti, MC mengundang Rm. E. Martasudjita, Pr untuk memberikan materi seminarnya. Dengan gaya khasnya, Rm. Marta banyak memberikan selipan-selipan guyonan yang membuat peserta semakin antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir. Rm. Marta juga berulang kali menunjukkan buku-buku yang beliau pakai, dan bisa didapatkan di depan lobi. Tema Seminar kali ini adalah, Adorasi: Saat Penuh Rahmat Bersama Yesus. Rama Marta menyampaikan bahwa Tuhan selalu mengundang kita untuk memiliki quality time bersama Yesus. Para Paus mendorong dan menganjurkan kita untuk sesering mungkin dekat dengan Yesus melalui adorasi. Acara seminar sehari ini ditutup dengan Perayaan Ekaristi bersama yang dipimpin oleh Rm. YPH Jelantik dan Rm. Martasudjita.

Hingga pukul 16.00 lebih para peserta masih antusias mengikuti acara. Di sela-sela waktu istirahat siang, banyak peserta yang memenuhi lobi ruangan untuk membeli buku dan aneka barang devosi yang dibawa PT Kanisius. Banyak umat menginginkan diadakan lagi pameran serupa oleh Kanisius di paroki-paroki.

Terima kasih atas perhatian dan testimoninya. Tunggu kami di hadir dalam pameran-pameran di Paroki Anda.

 

*Widiantoro