CERITA KAMI

Sinergi Mengamalkan Pancasila dan Ajaran Iman

17-07-2019 09:06

Pancasila merupakan kesepakatan dasar bangsa untuk hidup dalam satu Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila merumuskan nilai-nilai dasar manusiawi, sehingga dapat disebut sebagai pandangan hidup yang mendasari dan menjadi tujuan segala hukum dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara.

Gereja Katolik dengan sepenuh hati menerima Pancasila seperti tecermin dalam statuta Konferensi Waligereja Indonesia yang disahkan bulan november 1987. Di situ dinyatakan, “Dalam terang iman Katolik, Konferensi Waligereja Indonesia berdasarkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” (hlm 15).

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik sebagai mitra Gereja Katolik secara visioner menetapkan visi demi terwujudnya masyarakat Katolik yang seratus persen Katolik dan seratus persen Pancasilais. Terwujudnya visi tersebut dicirikan dengan adanya masyarakat Katolik yang kualitas iman dan ketakwaannya tinggi.

Kemudian, kerukunan hidup beragama dalam bingkai persatuan dan kesatuan. Tertatanya pranata-pranata agama Katolik, serta terwujudnya pemahaman, penghayatan, dan pelaksanaan hak kewajiban sebagai warga negara. Nilai-nilai kemanusiaan yang luhur dalam Pancasila terdapat juga dalam ajaran Gereja.

Terima kasih kepada Koran Jakarta dan Saudara Faiz, Staf Lembaga Pendidikan An-Najah Karduluk Sumenep atas pemuatan resensi berjudul Sinergi Mengamalkan Pancasila dan Ajaran Iman. Dimuat, Sabtu, 6 Juli 2019.