CERITA KAMI

Kisah Masha dan Dorothy

27-08-2019 13:25

Penerbit Kanisius baru saja merilis dua buku bacaan anak, yaitu Masha and the Bear dan Wizard of Oz. Judul-judul ini tentu tak asing lagi bagi penggemar buku bacaan anak, apalagi film Masha and the Bear juga masih diputar di televisi. Namun, ada yang berbeda dengan cerita Masha and the Bear terbitan Kanisius. Mengambil subjudul Masha Tersesat di Hutan, kisah dalam buku ini merupakan adaptasi dari dongeng Rusia dengan pengembangan cerita oleh Svetlana Kurcubic Ruzic. Buku ini berkisah tentang nenek buyut Masha, yang kebetulan juga bernama Masha. Sewaktu kecil, nenek buyut Masha juga bertemu seekor beruang. Saat sedang bermain bersama teman-temannya di hutan, nenek buyut Masha tersesat. Kemudian ia mencari jalan pulang. Alih-alih menemukan jalan pulang, ia justru menemukan sebuah rumah kecil di tengah hutan. Rumah itu sangat rapi dan terawat. Siapa penghuninya? Apa yang terjadi kemudian? Nah, baca buku ini sampai selesai.

Bagaimana dengan buku Wizard of Oz? Sama dengan buku Masha and the Bear, buku Wizard of Oz yang ditulis Lyman Frank Baum ini juga diceritakan ulang oleh Svetlana Kur?ubi? Ruži?. Mengambil subjudul Petualangan Dorothy di Negeri Penyihir, buku ini berkisah tentang Dorothy dan anjing kecilnya, Toto, yang terdampar di negeri penyihir. Kemudian ia diberitahu tentang Penyihir Oz yang dapat membantunya pulang ke rumahnya lagi. Maka, dimulailah petualangan Dorothy menemukan Penyihir Oz. Ia bertemu teman-teman baru, antara lain Scarecrow, si boneka sawah; Tin Woodman, si manusia kaleng; dan Lion, si singa. Mereka mengalami aneka peristiwa menegangkan sebelum tiba di negeri Oz. Akhirnya mereka bertemu Penyihir Oz. Akankah Dorothy segera pulang ke rumahnya? Mengapa ia dan teman-temannya masih menghadapi para Monyet Bersayap dan laba-laba raksasa? Ayo, baca buku ini sampai selesai.

Ilustrasi yang indah akan menemani kita menyelesaikan kisah ini. Ilustrasi-ilustrasi ini dibuat oleh Ana Grigorjev. Kedua buku ini merupakan buku terjemahan. Penerbit aslinya adalah Evro Book International dari Serbia. Latar budaya Rusia, baik dalam busana, aksesori, maupun boneka, juga tersaji apik dalam kisah Masha and the Bear. Nah, silakan menikmati keindahan buku ini.

 

*Rosalia Emmy Lestari