CERITA KAMI

BKS 2019: Mewartakan Kabar Gembira di Tengah Krisis Lingkungan Hidup

30-08-2019 10:49

Pada bulan September 2019 ini, PT Kanisius bekerja sama dengan Komisi Kitab Suci kevikepan D.I. Yogyakarta akan mengadakan berbagai acara untuk menyambut Bulan Kitab Suci Nasional yang ke-27. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah Mewartakan Kabar Gembira di Tengah Krisis Lingkungan Hidup. Umat Katolik di ajak untuk semakin sadar lingkungan hidup dengan merawat dan mencintainya melalui ajaran Kitab Suci. Berbagai acara dan program telah disusun sedemikian rupa. Acara yang akan dilangsungkan di kompleks Kantor Pusat PT. Kanisius Yogyakarta sangat beragam, antara lain:

Pertama, pada Minggu 1 September 2019 akan diadakan acara Pembukaan BKS 2019 dan Bible Camp. Pembukaan BKS 2019 dirayakan dengan Ekaristi yang akan dipimpin oleh Rm. Adrianus Maradya, Pr selaku Rama Vikep Yogyakarta; Rm. E. Asizmardopo, SJ selaku Direktur Utama PT Kanisius, Rm. Fl. Hartanta, Pr selaku Ketua Komisi Kitab Suci Kevikepan D.I. Yogyakarta, dan Rama Paroki St. Yohanes Rasul Pringwulung. Setelah itu, acara ini dilanjutkan dengan mengajak anak-anak usia kelas 4,5, dan 6 Sekolah Dasar untuk semakin mencintai dan memahami Kitab Suci melalui permainan-permainan dalam Bible Camp yang dibungkus seperti mini outbond.

Kedua, BKS 2019 ini akan mengadakan Lomba Dramatisasi Kitab Suci tingkat SMP pada Minggu, 8 September 2019 dan Lomba Dramatisasi Kitab Suci tingkat SD pada Minggu, 29 September 2019. Pada tahun-tahun sebelumnya, lomba ini hanya dikhususkan bagi Sekolah Dasar, atas masukan berbagai pihak dan deliberasi Panitia BKS 2019, lomba ini pun diperluas jangkauannya bagi para siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama.

Ketiga, pada Minggu 15 September 2019, akan diadakan Temu Raya Peserta Sekolah Kitab Suci di Kevikepan Yogyakarta. Komisi Kitab Suci Kevikepan D.I. Yogyakarta  berasumsi bahwa mereka perlu dipertemukan dan disegarkan lagi. Harapannya, mereka akan kembali siap untuk mewartakan Kabar Gembira di tengah umat masa kini. Selain itu, untuk membantu menjawab kebutuhan para prodiakon dan umat pada umumnya, Panitia BKS 2019 juga mengadakan Workshop Khotbah Bahasa Jawa untuk Prodiakon pada Minggu, 22 September 2019.

Terakhir,  agar Formatio Iman Berjenjang yang digadang-gadang oleh Keuskupan Agung Semarang makin terwujud, pengenalan Kitab Suci juga akan menjangkau adik-adik dari PAUD dan TK di Kevikepan Yogyakarata. Kegiatan Katekese Anak untuk TK akan diadakan setiap Selasa dan Kamis di tiap pekan selama bulan September. Mereka yang akan memberikan pendampingan adalah para mahasiswa dari PENDIKKAT, Yogyakarta (dahulu IPPAK).

Selain itu, di berbagai paroki area Kantor Pemasaran PT Kanisius (Tangerang, Jakarta, Bandung, dan Surabaya) maupun di beberapa paroki di Keuskupan Agung Semarang dan Purwokerto juga akan diadakan berbagai kegiatan bazar buku dengan diskon menarik. Juga berbagai program menarik yang dibuat di Taman Komunikasi Pusat dan Taman komunikasi Cabang (Katedral Jakarta, Kanisius Krangan, St. Laurensius Tangerang, St. Maria Tangerang, St. Antonius Purbayan Surakarta) dalam rangka Bulan Kitab Suci Nasional 2019.

Mari, datang dan bergabunglah bersama kami dalam rangkaian acara BKS PT Kanisius di bulan September.