CERITA KAMI

Menjadi Pribadi Bertumbuh bersama PT KANISIUS untuk Gereja dan Masyarakat

18-09-2019 09:17

Kabupaten Sleman dalam rangka meningkatkan kesejahteraan karyawan di wilayahnya, mengadakan penilaian perusahaan dengan fasilitas kesejahteraan terbaik sekabupaten sleman. Penilaian ini diwakili oleh disnakertrans program kesejahteraan yang diberikan oleh perusahaan, lembaga atau organisasi pada pegawainya hendaknya bermanfaat, sehingga dapat mendorong tercapainya tujuan perusahaan yang efektif dan tentunya kesejahteraan karyawan menjadi salah satu prioritas. Program kesejahteraan karyawan ini juga diharapkan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan tidak melanggar peraturan pemerintah. Pada tahun 2019 Disnakertrans mengadakan penilaian kepada 48 perusahaan yang memiliki karyawan diatas 250 orang. Penilaian dilakukan pada tanggal  20 Juli 2019 dan diumumkan di kantor Disnakertrans Kabupaten Sleman pada tanggal 27 Agustus 2019. Adapun kriteria penilaian yang sudah ditentukan adalah sebagai berikut:

  1. Total Jumlah karyawan PT KANISIUS
  2. Waktu bekerja PT KANISIUS
  3. Apakah ada fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja
  4. Struktur skala upah PT KANISIUS
  5. Tunjangan hari raya keagamaan
  6. Bonus atau gratifikasi
  7. Apakah ada rekreasi
  8. Apakah ada P3k
  9. Apakah ada pemadam kebakaran
  10. Apakah ada koperasi karyawan
  11. Apakah ada kantin
  12. Apakah ada benefit cuti bagi karyawan
  13. Apakah ada olah raga
  14. Apakah ada banyak karyawan tetapnya
  15. Perencanaan hari tua

Dari 48 Perusahaan yang di nilai oleh Disnakertrans disaring lagi menjadi 10 besar perusahaan dengan kategori perusahaan yang memiliki kesejahteraan terbaik. Dari 10 Besar penilaian disaring lagi menjadi 3 besar terbaik. Dari 10 besar terbaik  PT KANISIUS berada pada peringkat ke 5 dari 48 perusahaan yang dinilai.

Karyawan merupakan rekan sekerja untuk mewujudkan visi bersama. Melalui fungsi dan perannya masing-masing, setiap karyawan berkontribusi untuk menggerakkan roda perusahaan. Staf sampai dengan direktur utama merupakan karyawan PT KANISIUS dan harus bersinergi untuk mewujudkan cita-cita bersama. Adalah peran manajemen untuk merumuskan kebijakan pengelolaan karyawan. Pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja adalah salah satu rujukan pengelolaan karyawan yang hasilnya dirumuskan dalam Perjanjian Kerja Bersama. Spiritualitas Jesuit adalah nilai-nilai yang membentuk alam merasa dan berpikir. Teknologi, keterampilan, pengetahuan, etos kerja merupakan alat kerja dan tantangan zaman adalah medan karyanya. Tidak tertinggal, Sang Hyang Ilahi adalah penolong.

Mengingat betapa bermaknanya setiap pribadi, maka Perusahaan melalui Direksi dan Manajemen senantiasa berubah untuk mencari formul-formula terbaik dalam pengelolaan karyawan. Terbukti dari survey internal kepuasan karyawan menghasilkan tingkat kepuasan yang tinggi pada Perusahaan.

Bermodalkan pemaknaan, pengertian dan soliditas, semoga di tahun-tahun selanjutnya PT KANISIUS semakin mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan karya penerbitan yang mendalam, karya cetak yang berkualitas, dan produk perdagangan yang bermutu sebagaimana saat ini ketiga hal tersebut yang menjadi core businessnya. Optimis karena didukung oleh kerja sama berbagai pihak, termasuk para mitra kerja.

 

*Suntoro