CERITA KAMI

Terjemahan Buku Anak Room To Read Feat Penerbit Kanisius

23-04-2020 16:48

Sahabat Literasi,

kali ini PT Kanisius berbagi sukacita karena dua buku bacaan anak yang diterbitkan dalam kerja sama dengan Room to Read dan ProVisi Education telah dibaca pula oleh anak-anak di negara Myanmar dan Vietnam. Buku Petualangan Sekeping Kancing yang ditulis Veronica Widyastuti dan ilustrasi oleh Mira Widhayati telah diterjemahkan ke dalam bahasa Myanmar dalam kerja sama Room to Read dengan Myanmar Book Aid and Preservation Foundation. Sementara itu, buku Pohon Kesayangan Daru yang ditulis Yuniar Khairani dan ilustrasi juga dikreasi oleh Mira Widhayati diterjemahkan ke dalam bahasa Vietnam. Kedua buku tersebut dibagikan secara gratis ke sekolah-sekolah negeri yang didampingi Room to Read, baik di Myanmar maupun Vietnam.

Perpaduan cerita dan budaya Indonesia yang divisualisasikan secara indah dalam ilustrasi buku-buku ini menghasilkan cerita seru nan bermakna, serta memberi pengalaman unik bagi anak-anak. Petualangan sebuah kancing yang menggelinding tak tentu arah dan berharap dirinya masih tetap bermanfaat, serta kesedihan seorang anak karena pohon rindang kesayangannya ditebang, tak hanya memikat hati anak, orang yang lebih tua pun larut dalam ceritanya. Semoga melalui gerakan literasi yang tak kenal henti ini, anak-anak semakin suka membaca, bercerita, dan berkesempatan mengenal dunia melalui bacaan-bacaan yang berkualitas.

Di tengah keprihatinan karena wabah Covid-19, gerakan literasi tidak boleh berhenti. Inilah momen yang tepat untuk membangun keakraban dalam keluarga, antara orang tua dan anak-anak, melalui kegiatan bersama yang menyenangkan. Salah satunya tentu saja membaca buku.

Tanggal 23 April 2020 juga diperingati sebagai Hari Buku Se-dunia. Ada empat tema yang diusung di Hari Buku Sedunia 2020 yaitu
1. Membaca dalam segala bentuk.
2. Pengembangan infrastruktur industri buku.
3. Inklusivitas dan aksesibilitas digital.
4. Pemberdayaan anak melalui membaca.

Di tengah pandemi COVID-19 buku dapat membantu menguatkan. Kekuatan buku sebagai jendela dunia inilah yang baik digunakan manusia untuk memerangi isolasi.

Mari membaca. Read Good Book Read Kanisius Books.

 

*Emmy Lestari