CERITA KAMI

Solusi Dagang Era Virtual

03-06-2020 10:14

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan para pebisnis startup saat ini sangat gampang mengakses pasar yang jauh lebih luas jangkauan ketimbang sebelumnya. Pendorongnya adalah marketing digital. Kelebihan marketing digital ini mulai menutup gerak marketing konvensional, yaitu kemampuannya ketika melibatkan multikonsumen tanpa menggunakan jasa service center. Marketing digital sangat efisien, apalagi disangga komunikasi dengan media sosial yang sanggup melesat terefektif dan terpraktis.

Tren kiwari media sosial adalah sebuah peranti lunak aplikasi online yang memungkinkan para pemakai untuk saling berdiskusi, berkomunikasi, dan berpartisipasi dalam interaksi sosial. Ada tiga pokok isi interaksi: 1) interaksi berupa teks, audio, video, gambar, dan kombinasinya; 2) interaksi berupa ekspresi hobi, curhat, pengalaman, keahlian, maupun pengetahuan, 3) interaksi melibatkan konten baru, unjuk layanan jasa, unjuk produk dan merek dagang. Tiga interaksi ini dinilai positif.

Media sosial menjadi ajang sosialisasi yang menggiring setiap manusia saling berinteraksi tanpa sekat ruang dan waktu. Ada sebelas grup media sosial trendi, yaitu social networks, facebook, discuss, share, publish, social game, mmo, virtual words, livecast, livestream, dan micro blog. (hlm 164).

Sudahkah Anda terlibat dagang di dalamnya? Empat faktor kepercayaan harus dipegang pelaku e-bussiness dan konsumen ketika bertransaksi online, yaitu kualitas produk, orisinalitas informasi, orisinalitas bisnis, dan integritas bisnis. Keempatnya butuh sinergi kepercayaan, keamanan, dan kualitas.

Tak jemawa buku ini akademis. Tak sembarang pembaca betah mengikuti alur paparannya. Buku ini menyasar intelektual muda S1, S2, atau penggelut marketing umumnya. Kemasannya memopulerkan ilmu dari hasil riset hibah MP3EI yang didanai DPRM (Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan) Kemenristek Dikti.***

Terima kasih kepada Kedaulatan Rakyat dan Saudara Anton Suparyanta atas pemuatan resensi, atas pemuatan resensi di halaman Pustaka dengan judul Solusi Dagang Era Virtual dari Buku Marketing Digital Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan, karya Prof Vincent Didiek Wiet Aryanto dan Dr Yohan Wismantoro. DImuat, Selasa, 12 Mei 2020.