CERITA KAMI

Rudi dan Kapal Tug Tua - Seri Kisah-kisah di Lautan

08-06-2020 13:46
Di tengah keprihatinan karena wabah Covid-19, gerakan literasi tidak boleh berhenti. Inilah momen yang tepat untuk membangun keakraban dalam keluarga, antara orang tua dan anak-anak, melalui kegiatan bersama yang menyenangkan. Salah satunya tentu saja membaca buku.
Etty Prihantini Theresia, warga negara Indonesia yang berdomisili di kota Frankfurt am Main, Jerman, memulai sebuah kegiatan literasi nonprofit yang ditujukan kepada masyarakat berbahasa Indonesia di Frankfurt dan sekitarnya. Etty bersama klub bukunya membuat video pembacaan buku-buku berbahasa Indonesia. Kali ini Etty membacakan sebuah buku bacaan untuk anak dari Penerbit Kanisius berjudul Rudi dan Kapal Tug Tua - Seri Kisah-kisah di Lautan yang ditulis oleh Fitri Indra Harjanti, dan Illustrator oleh Indra Bayu
Bercerita tentang Rudi, sebuah kapal muda dengan mesin baru yang selalu bersemangat . Rudi senang untuk memacu mesin motornya, padahal mesin motornya bersuara sangat keras dan sering kali mengganggu ketenangan suasana di pelabuhan. Rudi tidak terlalu mempedulikan hal tersebut. Suatu sore Rudi melaju dengan cepat, suara mesinnya meraung-raung memecah ketenangan kapal-kapal lain yang tengah berisitirahat di pelabuhan. Rudi melaju zig-zag di antara kapal-kapal tua itu, membuat kapal-kapal tua itu kaget bukan main. Rudi memang kurang memperhatikan kapal-kapal tua, yang terlihat hanya bersantai di pelabuhan, sehingga Rudi sama-sekali tidak merasa harus memberi hormat pada kapal-kapal tua itu. Namun Rudi akan bersikap berbeda saat dia bertemu dengan kapal-kapal besar, seperti kapal tanker dan kapal kargo. Rudi segera memelankan laju mesin motornya karena takut akan mengganggu kapal-kapal besar yang tengah beristirahat. Rudi juga akan menyapa dengan ramah kapal besar yang berpapasan dengannya. Hingga suatu hari Rudi melaju terlalu jauh dari pelabuhan dan terjebak badai, sementara bahan bakarnya habis sudah. Rudi hanya berharap akan ada kapal yang lewat, sehingga dia bisa minta pertolongan. Selain Rudi ada juga sebuah kapal-besar yang tengah menunggu pertolongan karena dia juga terjebak badai dan kesulitan untuk mesuk menuju pelabuhan. Rudi berpikir yang bisa menolong mereka adalah kapal yang lebih besar dari kapal tanker itu, namun perkiraan Rudi ternyata sama sekali meleset. Peristiwa tersebut akan mengubah sifat dan cara pandang Rudi mengenai saling menghormati antarkapal.
 
Cerita soal Pesta Unik Ibu dapat kamu saksikan di Youtube Channel Penerbit Kanisius
https://youtu.be/vnYIEZP8xk4
Read Good Book, Read Kanisius Books.