CERITA KAMI

IMPIAN MERCUSUAR

27-07-2020 10:42

Di tengah keprihatinan karena wabah Covid-19, gerakan literasi tidak boleh berhenti. Inilah momen yang tepat untuk membangun keakraban dalam keluarga, antara orang tua dan anak-anak, melalui kegiatan bersama yang menyenangkan. Salah satunya tentu saja membaca buku.  

Etty Prihantini Theresia, warga negara Indonesia yang berdomisili di kota Frankfurt am Main, Jerman, memulai sebuah kegiatan literasi nonprofit yang ditujukan kepada masyarakat berbahasa Indonesia di Frankfurt dan sekitarnya. Etty bersama klub bukunya membuat video pembacaan buku-buku berbahasa Indonesia.

Kali ini Etty membacakan sebuah buku bacaan untuk anak, Impian Mercusuar yang diterbitkan Penerbit PT Kanisius.

Cerita tentang mercusuar sederhana yang berdiri dipinggiran tebing curam untuk memperingatkan para kapal untuk berhati-hati supaya kapal mereka tidak terhempas menghantam karang. Selain sebagai cahaya yang mengarahkan para kapal mercusuar itu pun digunakan oleh para burung yang berterbangan di pinggir pantai sebagai tempat berteduh saat turun hujan. Mercusuar sangat senang dan bangga dengan tugasnya itu, dan begitu juga dengan para kapal dan burung mereka merasa sangat terbantu dengan adanya Mercusuar itu. Mercusuar menjadi sangat disenangi dan dipuji akan tugasnya itu. Hingga suatu hari mercusuar berpikiran bahwa dia ingin menolong memberi peringatan juga pada kapal kapal dikejauhan tidak hanya kapal kapal yang melintas juga dia, berpikir bahwa dia bisa memberikan tempat berteduh dan kehangatan untuk lebih banyak burung. Maka Mercusuar memutuskan untuk membangun dirinya supaya menjadi lebih tinggi lagi dan untuk mempunyai lampu yang lebih terang lagi. Tak lama kemudian jadilah mercusuar itu menjadi mercusuar paling tinggi di dunia, hingga dia dengan sombongnya sesumbar bahwa dia sudah bisa menggantikan para bintang petunjuk arah yang biasa digunakan oleh para pelaut. Apakah mercusuar itu bisa lebih membantu kapal-kapal yang lewat dan burung-burung yang ingin berteduh? Ternyata tidak. Yang terjadi malah kebalikannya, mercusuar yang bangga dengan ketinggian dan cahaya lampunya itu ditinggalkan oleh para kapal dan para burung, dan hal tersebut membuat mercusuar bersedih. Dan dia belajar bahwa tidak memberikan manfaat pada siapa pun.


Oya, apa buku favoritmu? Masih ingatkah buku yang pertama kali kau baca?  Ayo saling berbagi pengalaman agar kegiatan membaca bersama menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Kinderbuch / Buku Anak / Children Book: Impian Mercusuar
(indonesisch/bahasa Indonesia/Indonesian)

Title: Impian Mercusuar
Author: Fitri Indra Harjanti
Illustrator: Indra Bayu
Publisher: PT Kanisius, Yogyakarta, Indonesia, 2017
Reader: Etty Prihantini Theresia
Media Consultant: Asika Meryl


Selengkapnya kamu bisa menontonnya di Youtube Channel PT KANISIUS
https://youtu.be/srpyUuUdHMA