CERITA KAMI

Menjadi Juri Lomba Logo 5 Tahun Youcat Indonesia

27-08-2020 13:55

Inovatif. Satu kata bagi saya untuk menggambarkan perkenalan dengan YOUCAT, buku katekismus bagi orang muda, pada tahun 2011. Layout modern dan ilustrasi dalam buku YOUCAT sangat membantu orang muda untuk memahami katekismus Gereja Katolik secara lebih mudah. Rasanya kesan saya tidak berlebihan untuk buku yang dirancang secara penuh oleh Alexander von Lengerke (peraih Red Dot Award 2016) tersebut. Mengapa secara penuh? Karena Lengerke merancang visual YOUCAT mulai dari konsep, desain, layout, typesetting, hingga ilustrasinya. Desain YOUCAT dibuat dengan warna kuning dan putih sebagai representasi warna Gereja Katolik.

YOUCAT diterbitkan pertama kali oleh Pattloch Verlag, Jerman, pada tahun 2010, kemudian serial selanjutnya diterbitkan oleh Youcat Foundation, Jerman. Saat ini YOUCAT telah dialihbahasakan dalam lebih dari 50 bahasa dunia. Beruntung saya bekerja di PT Kanisius, penerbit buku YOUCAT versi bahasa Indonesia. Karena diadaptasi dalam bahasa Indonesia, maka foto-foto yang digunakan dalam buku juga disesuaikan dengan konteks Indonesia. Beberapa foto hasil bidikan saya juga menghiasi beberapa halaman dalam YOUCAT edisi bahasa Indonesia.

Di Indonesia, YOUCAT dikembangkan oleh komunitas YOUCAT Indonesia yang giat menggerakkan katekese ala orang muda. Tahun ini YOUCAT Indonesia merayakan ulang tahun ke-5. Untuk memperingatinya, YOUCAT Indonesia mengadakan Lomba Logo 5 Tahun YOUCAT Indonesia dengan tema “Beriman Bukan Recehan”. Juri lomba logo ini terdiri atas 5 orang, yaitu RD Yohanes Benny Suwito (Direktur Eksekutif YOUCAT Indonesia), Christopher Chandra (dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Unika Widya Mandala Surabaya), Hermanus Yudi (PT Kanisius), Laurent Saviour (Koordinator Divisi Media Komunikasi YOUCAT Indonesia), dan Willem L. Turpijn (Koordinator Divisi Public Relations YOUCAT Indonesia). Peminat lomba ini ternyata cukup banyak. Aplikasi logo yang dikirimkan kepada panitia lomba sejumlah 68 dari 58 peserta.

Penilaian tahap pertama dilakukan masing-masing juri dengan memilih 3 logo terbaik pilihan masing-masing juri. Penilaian dilakukan dengan mengisi spreadsheet Google Docs yang dikirimkan YOUCAT Indonesia. Penilaian tahap kedua dilakukan secara online meeting, melalui platform Zoom pada 29 Juli 2020. Diskusi cukup menarik tersaji dari 5 orang juri yang berlangsung sekitar 2 jam.

Dari penjurian bersama, akhirnya terpilih 3 logo yang menjadi juara I, II, dan III. Logo Juara I memuat visual ornamen grafis yang membentuk angka 5. Perancang membagi tiga bagian atas logo yang dibuat. Bagian bawah menggunakan simbolisasi jangkar sebagai perlambang dasar iman yang kokoh. Bagian tengah terdiri atas anak muda dan Gereja sebagai simbolisasi aktualisasi/tindakan iman yang bertumbuh. Bagian atas terdiri atas salib, sinar matahari, dan hati sebagai simbolisasi buah dari aktualisasi iman. Kelima juri merasa puas atas keputusan yang telah dibuat bersama.

Perancang logo yang terpilih sebagai Juara I adalah Fransisca Emilia Cahyadi dari Surabaya. Selamat bagi pemenang! Logo tersebut akan dipakai YOUCAT Indonesia dalam satu tahun ke depan untuk keperluan publikasi dan berbagai aplikasi.

Terima kasih, YOUCAT Indonesia, atas kesempatan yang diberikan dalam proses penjurian Lomba Logo 5 Tahun YOUCAT Indonesia.

 

*Hermanus Yudi
Kepala Bagian Artistik Penerbitan PT Kanisius