CERITA KAMI

Bincang MoTv bersama Rama Agustinus Setyodarmono, SJ

14-09-2020 10:44

Sahabat Kanisius yang terkasih, 24 Agustus 2020 PT Kanisius bekerja sama dengan SAV Puskat melaksanakan syuting untuk program MoTV. Sungguh merupakan kebanggaan bagi PT Kanisius dapat mengisi episode 34 dan episode 35, bersama pengarang buku Bapakku dan buku Ibuku  Rama Agustinus Setyodarmono SJ sebagai narasumber.

Sekilas profil Rama Agustinus Setyodarmono, SJ.

Rama Agustinus Setyodarmono, SJ., lahir di Magelang, 9 Agustus 1970. Dari lahir hingga berumur 16 tahun, tinggal bersama keluarga di Kompleks Tentara Panca Arga, Magelang. Selama 16 tahun tersebut mengalami 3 kali pindah rumah. Mulai umur 16 tahun, meninggalkan keluarga dan tinggal di sekolah berasrama di Mertoyudan, Magelang selama 4 tahun. Saat berumur 20 tahun, mulai merantau keluar dari Magelang. Perantauan pertama, 2 tahun tinggal dalam asrama di Ungaran; 4 tahun berikutnya belajar filsafat di Jakarta dan tinggal bersama teman­teman sebaya; 2 tahun berikutnya tinggal di Pastoran Gereja Katolik St. Yusup, Gedangan, Semarang, bekerja di Yayasan Kanisius Pusat, Semarang; 3 tahun berikutnya belajar teologi dan tinggal di asrama Kolese Ignatius, Yogyakarta. Pada tahun 2001­2003, merantau ke Belanda untuk studi. Setelah selesai studi, kembali ke Magelang, dan men jadi bapak asrama di Seminari Mertoyudan selama 7 tahun. Tahun 2010 belajar di Sydney, Australia; 2011 sampai sekarang bekerja sebagai Bapak asrama di Girisonta.

Usut punya usut ternyata bincang MoTv episode 34 dan 35 ini menghadirkan sahabat masa kecil Rama Morti a.k.a Moti yaitu Rama Agustinus Setyodarmono SJ atau lebih akrab dipanggil dengan Rama Nano.

Pada episode 34, Rama Nano sebagai Magister yang mendampingi para novis di Girisonta yang menemani dalam proses untuk lebih mengenal dan memahami diri akan berbagi pengalaman bagaimana peran orang tua sangat penting dalam pertumbuhan iman dan panggilan imamat. Peristiwa dan pengalaman rohani beliau kemudian juga dituangkan dalam buku yang berjudul Ibuku dan Bapakku.

Pada episode 35 Rama Nano akan berbagi inspirasi pengalaman beliau dicintai oleh orangtua, Serikat Yesus dan banyak orang yang menjadi semangat dan kekuatan selama mendampingi para novis. Pandemi telah merubah banyak hal dalam kehidupan namun dalam situasi segelap apapun selalu ada sisi terang. Menjadi tantangan yang tidak mudah bagi orang tua mendampingi anak dalam situasi saat ini. Pertanyaan besarnya sudahkah gereja turut hadir mendampingi keluarga dalam masa pandemi saat ini? Rama Nano juga memberikan dan membagi inspirasi bagaimana menemani dan menjadi sahabat bagi mereka yang kehilangan.

 

Silakan untuk menyimak
Bincang MoTv bersama Rm. Agustinus Setyodarmono SJ- Bag. 1  MoTv Episode 34
https://youtu.be/nTJtz2G1_9k


Bincang MoTv bersama Rm. Agustinus Setyodarmono SJ- Bag. 2  MoTv Episode 35
https://youtu.be/UuhEUmif6TY


*Agata Vera