CERITA KAMI

Merajut Kebinekaan dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri

16-09-2020 10:23

Mahasiswa dan kaum generasi muda merupakan calon pemimpin bangsa di masa depan. Oleh karena itu, sudah selayaknya mereka dituntut untuk memahami makna, kedudukan historis Pancasila yang sebenarnya, dan akhirnya mampu memahami ruang lingkup dan urgensi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dihadirkan untuk membentuk pribadi yang mengetahui hak dan kewajibannya dalam usaha pembelaan negara serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sesuai semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, serta memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air sesuai Pancasila dan UUD 1945.

Buku ini ditulis oleh Muhammad Ridha Iswardhana, seorang dosen tetap mata kuliah Pancasila; Kewarganegaraaan; Politik Luar Negeri Indonesia; Geopolitik, Geoekonomi, dan Geokultur; Ekonomi Internasional; Sistem Ekonomi Indonesia; Hukum Internasional; dan Perbandingan Politik, dan Filsafat Ilmu. Di tengah kesibukan mengajar, beliau aktif menulis sejumlah jurnal dan prosiding akademis nasional maupun internasional.

Kehadiran buku ini kiranya membantu generasi muda, khususnya mahasiswa, agar mampu menjelaskan, memahami, dan mengaplikasikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam hidup keseharian sehingga akhirnya mewujudkan Indonesia yang makin maju dan beradab.

*Cicilia Heni