CERITA KAMI

MEWARTAKAN KABAR BAIK DI TENGAH KRISIS IMAN DAN IDENTITAS

23-09-2020 09:29

“Kita telah mengenal dan telah percaya  akan kasih Allah kepada kita” 

(1Yoh. 4:16).

Sekilas BKS (Dikutip dari Panduan Bulan Kitab Suci Nasional LBI)

Dalam Pertemuan Nasional Lembaga Biblika Indonesia pada tanggal 18-22 Juli 2016 di Bogor, para pakar Kitab Suci dan para Delegatus Kitab Suci Keuskupan sepakat untuk mengangkat tema besar “Mewartakan Injil di tengah Arus Zaman” sebagai arahan untuk empat tahun ke depan. Tema itu kemudian dijabarkan dalam empat tema yang akan direnungkan dalam Bulan Kitab Suci Nasional selama empat tahun berikutnya. Adapun keempat tema itu adalah sebagai berikut:

a. Mewartakan Kabar Gembira dalam Gaya Hidup Modern (2017)

b. Mewartakan Kabar Gembira dalam Kemajemukan (2018)

c. Mewartakan Kabar Gembira dalam Krisis Lingkungan Hidup (2019)

d. Mewartakan Kabar Gembira dalam Krisis Iman dan Identitas (2020)

Tema pertama sampai dengan ketiga sudah kita renungkan dalam bulan September 2017 - 2019. Dalam Bulan Kitab Suci Nasional 2020 ini kita akan merenungkan tema yang keempat, “Mewartakan Kabar Gembira dalam Krisis Iman dan Identitas.” Banyak orang Kristiani menghadapi krisis yang menyangkut iman mereka dan sekaligus identitas mereka. Bisa jadi kita bukan orang yang mengalami krisis, tetapi tetap perlu belajar untuk menolong saudara-saudara kita yang sedang menghadapi krisis. Kita akan belajar dari pengalaman orang Yahudi yang diangkut ke pembuangan di Babel dan para murid Yesus yang ditinggalkan oleh Yesus ketika Ia ditangkap dan disalibkan. Kedua komunitas yang mengalami krisis iman dan identitas ini berhasil melewati krisis yang mereka alami. Apa yang mereka lakukan ketika menghadapi krisis itu? Ternyata kedua kelompok itu melakukan hal yang sama, yaitu menegaskan kembali identitas mereka.

Bagaimana mereka dapat memahami identitas mereka? Dari hubungan mereka dengan Allah. Orang-orang Yahudi melihat kembali siapa sesungguhnya Allah yang mereka percaya dan melihat siapa mereka di hadapan Allah. Para murid Yesus melihat kembali siapa sesungguhnya Yesus yang mereka ikuti dan melihat siapa mereka di hadapan Yesus. Hal yang sama akan kita lakukan dalam Bulan Kitab Suci Nasional ini. Kita diajak untuk melihat kembali kebenaran mengenai Allah dan siapa Umat Kristiani di hadapan Allah itu. Dalam empat pertemuan kita akan mendalami adalah siapa Allah yang dipercaya oleh Umat Kristiani dan siapa sesungguhnya Umat Kristiani di hadapan Allah. Kebenaran mengenai Allah ini sesungguhnya adalah kabar gembira yang diajarkan oleh Yesus. Dari kebenaran mengenai Allah inilah Umat Kristiani memperoleh identitasnya. Kesadaran mengenai identitasnya ini akan mendatangkan sukacita bagi orang yang percaya dan menuntun cara hidupnya selama tinggal di dunia.

Bulan Kitab Suci Nasional 2020 di PT Kanisius

Pandemi memang mengubah semuanya termasuk saat Bulan Kitab Suci Nasional 2020. Lebih hening, karena biasanya banyak anak-anak, orang muda, dan dewasa yang berkunjung ke PT Kanisius untuk mengikuti rangkaian acara Bulan Kitab Suci Nasional mulai misa pembukaan, berbagai lomba kitab suci, lomba dramatisasi kitab suci tingkat SD dan tingkat SMP, dan berbagai kegiatan lain. Namun, masih ada sisi terang kala pandemi sekarang dan PT Kanisius pun menyambutnya dengan penuh suka cita. Seperti tema BKSN 2020 “Mewartakan Kabar Gembira dalam Krisis Iman dan Identitas”, bahwa sebagai umat kristiani kita masih dapat mewartakan kabar gembira di tengah krisis yang melanda dunia. Melalui gadget, “mendekatkan yang jauh” semakin dapat kita rasakan di masa pandemi ini. Salah satunya ada katekese anak yang dilaksanakan secara online tiap hari Selasa selama bulan September, pukul 10.00 WIB. Serta masih ada lomba-lomba yang diadakan secara online seperti Lomba Tutur Kitab Suci tingkat SD, SMP, dan SMA, Lomba Khotbah Prodiakon terbuka untuk umum se-Kevikepan DIY, dan Lomba Refleksi Kitab Suci untuk umat, Rama, Bruder, Suster, Frater, Suster, Biarawan, dan Biarawati se-Kevikepan DIY dan sekitarnya.

Info selengkapnya dapat diakses melalui bit.ly/bksn2020

Selamat mengikuti rangkaian Bulan Kitab Suci Nasional 2020. Mari bersama-sama kita mewartakan kabar gembira di tengah krisis iman dan identitas.

*Agata Vera