CERITA KAMI

Literasi Usia Dini Jadikan Rumah Tempat Anak Bersiap-siap untuk Membaca

23-09-2020 09:25

Dunia memperingati hari Literasi Internasional yang jatuh pada 8 September. PT Kanisius bekerja sama dengan Ibu Roosie Setiawan dari Komunitas Reading Bugs mengadakan webinar yang bertajuk “Literasi Usia Dini: Jadikan Rumah Tempat Anak Bersiap-siap untuk Membaca”. Acara yang dimoderatori Sdri. C. Heni Lestari (editor Penerbit Kanisius) dimulai pukul 10.00 WIB dan selesai pukul 12.00 WIB.

Webinar melalui aplikasi zoom meeting ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, bahkan hingga Nusa Tenggara dan Papua. Dengan sangat apik dan menarik, Ibu Roosie Setiawan menjelaskan langkah-langkah dan kiat-kiat bagi orang tua dalam mengenalkan literasi kepada anak-anaknya pada usia dini. Menurut Ibu Roosie, literasi merupakan kemampuan yang dimiliki individu untuk menggunakan semua potensi dan kecakapan yang individu miliki dalam hidupnya. Literasi bertujuan agar individu mampu menggunakan keahliannya dan menjadikan individu sebagai pemelajar seumur hidupnya. Dengan demikian, sangatlah baik jika literasi diperkenalkan kepada individu sejak usia dini, bahkan sejak dalam kandungan.

Usia dini sendiri merujuk pada usia 0 bulan hingga usia 7 tahun. Pada masa tersebut, individu atau anak diperkenalkan dengan pengetahuan alfabet, sensitivitas fonemik, kesadaran terhadap materi cetak, motivasi terhadap materi cetak dan kosakata-kosakata baru, serta kemampuan untuk menceritakan kembali.

Mengapa saat usia dini, individu sudah dikenalkan dengan literasi? Ibu Roosie Setiawan menjelaskan sebagai berikut: Pada masa-masa ini terjadi perkembangan yang sangat pesat pada individu/anak. Kurang lebih 80% perkembangan otak terjadi di tiga tahun pertama kehidupan anak yang kemudian 10% berikutnya dalam dua tahun berikutnya. Sebagian besar perkembangan otak anak dibentuk sebelum memasuki Sekolah Dasar. Tentu saja, perkembangan masing-masing individu tidak sama cepatnya. Individu membutuhkan dorongan, dukungan, dan kegiatan-kegiatan yang menstimulasi untuk menuju perkembangan selanjutnya. Di sinilah peran orang tua menjadi yang pertama dan utama.

Lalu, apa saja yang perlu dilakukan oleh orang tua sebagai guru utama dan pertama bagi anak saat anak mulai mengenal literasi pada usia dini? Ayo simak melalui kanal Youtube PT Kanisius tayangan yang berjudul “Webinar Literasi Usia Dini Jadikan Rumah Tempat Anak Bersiap-siap Untuk Membaca” (https://youtu.be/17A_aFqzk0o).

Salam Literasi!

*Anton Prima