CERITA KAMI

HOME VISIT: Praktik Cura Personalis

26-10-2020 11:00

Judul Buku  : Home Visit: Praktik Cura Personalis

Subjudul      : Kumpulan Kisah Pelayanan dan Perjuangan Guru

No. Buku     : 1020002072


Sekolah adalah tempat untuk menimba ilmu pengetahuan. Namun, yang tak kalah penting, sekolah menjadi sarana pembentukan karakter anak, pengembangan bakat, juga peningkatan kemampuan anak. Itu semua tidak melulu dilakukan di kelas dalam suasana pembelajaran.

Anak didik menghabiskan sebagian besar waktunya di lingkungan rumah, apalagi saat ini dalam situasi pandemi Covid-19. Keadaan lingkungan rumah sangat memengaruhi pembentukan karakter anak. Jika timbul permasalahan yang menyangkut belajar dan kepribadian anak, itu biasanya berkaitan dengan kondisi/keadaan keluarga serta permasalahan yang terjadi di lingkungan rumah anak.

Home Visit atau kunjungan rumah menjadi langkah dan tidak lanjut sekolah untuk melihat keadaan anak didik di lingkungan keluarganya. Melalui Home Visit, guru dan pihak sekolah dapat mengetahui informasi secara langsung kendala ataupun perilaku yang dilakukan anak didik di rumahnya. Dengan memahami karakter anak, guru akan lebih mudah mencari penyelesaian jika anak memiliki permasalahan, termasuk jika anak memiliki kendala dan kesulitan belajar.

Interaksi langsung antara guru dan siswa beserta keluarganya menumbuhkan kedekatan tersendiri. Siswa dan keluarga merasa lebih di-uwong-kan. Bagaimana dari sisi guru?

Home Visit kadang menuntut guru untuk lebih meluangkan waktu dan, terlebih, perhatian bagi anak didiknya. Masih sanggupkah, sedang rumah dan keluarga sendiri juga perlu perhatian?

Buku ini berisi kumpulan kisah pelayanan dan pejuangan beberapa guru Yayasan Kanisius Cabang Semarang. Di tengah kesibukan sebagai pendidik yang kadang melelahkan dan mungkin membuat jenuh, para guru perlu sapaan dan perhatian yang kiranya dapat mengembalikan semangat yang kadang lesu. Demikian pun ketika para guru memberikan perhatian kepada anak didik dengan melakukan home visit – cura personalis, selain dirasakan oleh siswa (dan keluarga) yang bersangkutan, juga membangkitkan semangat dan rasa kasih sang guru tersebut, baik kepada anak didik maupun pada pekerjaan/tanggung jawabnya. Sharing is Caring. Ya, kisah-kisah yang di-sharing-kan dalam buku ini kiranya dapat menyemangati dan menjadi bentuk-bentuk perhatian para penulis pada rekan sesama guru.


Kisah-kisah guru yang penuh kasih ini disunting dengan apik oleh Rm. Mintara, SJ. Sangat membahagiakan hati karena Romo Benedictus Hari Juliawan, SJ berkenan memberikan Kata Pembuka, juga atas kemurahan hati Rm. Martinus Hadisiswoyo, SJ yang berkenan memberikan Sekapur Sirih. Semoga kisah-kisah dalam buku inimenginsipirasi para guru dan untuk senantiasa bersemangat menghidupi panggilan Tuhan dan merefleksikannya dalam perjumpaan dengan anak-anak dan keluarganya.


Webinar Home Visit dapat diakses di Channel Youtube PT KANISIUS
Peluncuran dan Bedah Buku "HOME Visit, Praktik Cura Personalis"