CERITA KAMI

Tembang dan Perang, Novel Cerita Panji yang Siap Go Internasional

11-01-2021 15:02

Tembang dan Perang mengisahkan asmara Putra Mahkota Kerajaan Jenggala Raden Panji dengan Dewi Sekartaji dari Kerajaan Kadiri, dengan seting tahun 1130 masehi, atau sebelum Singasari dan Majapahit berdiri.

Diceritakan, perjodohan batal ketika Raden Panji bertemu dan jatuh cinta dengan Angreni, kemudian menikahinya dan mengabaikan pertunangan dengan Sekartaji.

Raja Jenggala memerintahkan Brajanata dan Kebo Tendas untuk membunuh Angreni. “Namun dalam Tembang dan Perang diceritakan Brajanata tidak tega sehingga memilih berdiam dan tugas membunuh Angreni dilakukan Kebo tendas,” tuturnya.

Lalu dikisahkan terjadi pertempuran hebat karena Angreni melawan dan hanya bersedia mati jika yang membunuhnya adalah Brajanata. Perlawanan Angreni dibantu Sumbita berakhir dengan kematian sang putri. “Sepeninggal istrinya, Panji hilang ingatan memilih menjadi pengelana yang menaklukan kerajaan Bali, Blambangan, Nusabarong, dan Metaun,” ucapnya.


Terima kasih kepada radioswarakenanga  atas pemuatan berita Tembang dan Perang, Novel Cerita Panji yang Siap Go Internasional dari buku Tembang dan Perang. Dimuat, Jumat, 18 Desember 2020.