CERITA KAMI

DIREKTUR UNESCO Kunjungan Pojok Baca Kampung Kita

20-02-2018 13:03

Rabu, 14 Februari 2018, “Pojok Baca Kampung Kita” PT KANISIUS mendapat kunjungan Prof. Shahbaz Khan, Direktur Unesco Official Jakarta. Menyambut kunjungan itu, Direktur PT KANISIUS Ibu Margaretha Sulistyorini, didampingi Ibu Christin Natalia dari Humas-Sekretariat Perusahaan menjelaskan Pojok Baca dan program literasi PT KANISIUS.

Memasuki gerbang PT KANISIUS, Prof. Shahbaz Khan nampak kagum melihat Ruang Terbuka Hijau (RTH). Selain memberikan keteduhan, RTH tersebut juga menyerap polutan dan memberikan kesejukan. Komitmen PT KANISIUS untuk tidak menyumbang pencemaran lingkungan ini diwujudkan dengan menyediakan RTH yang rindang sebesar 57,2% dari luas lahan kantor, dengan beberapa sumur resapan sebagai upaya konservasi air tanah.

Sebelum Ke Pojok Baca Prof. Shahbaz Khan diajak memasuki Taman Komunikasi melihat display buku-buku produk PT KANISIUS. Cukup lama rombongan berdiri di stand buku bacaan anak. Sekali-sekali ada yang ditanyakan tentang buku itu, selebihnya bincang-bincang umum dan berfoto bersama.

Di Pojok Baca Kampung Kita Ibu Sulistyorini menjelaskan bahwa ini kelanjutan dari program kampanye literasi 2017, PT KANISIUS melalui Sahabat Literasi yang dibentuk, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya membaca buku. PT KANISIUS yakin, dengan membaca buku bermutu dapat memperbaiki kualitas hidup seseorang. Anak yang suka membaca juga bakal lebih percaya diri karena merasa memiliki banyak referensi sehingga lebih siap menghadapi kehidupan nyata. Pojok Baca Kampung Kita dipersembahkan untuk masyarakat sekitar agar mudah mengakses bacaan bermutu dan bisa berkegiatan literasi di tempat ini.

Prof. Shahbaz Khan mengunjungi Pojok Baca seusai kunjungan ke SD N Deresan. SD Negeri Deresan, bekerja sama dalam bidang kemaritiman dengan UNESCO dan Denmark Embassy. Dalam sambutannya, Ibu Indah Lestari Kepala Sekolah SD N Deresan sangat bersyukur karena banyak mendapat dukungan dari perusahaan sekitar sekolah salah satunya PT KANISIUS. PT KANISIUS menurutnya banyak menyumbangkan buku-buku anak untuk sekolah. Ditambah lagi PT KANISIUS juga menyediakan Pojok Baca Kampung Kita.

Kunjungan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan berupa buku anak bilingual tentang lingkungan kepada Prof. Shahbaz Khan dilanjutkan berfoto bersama. Sebelumnya, rombongan menyempatkan diri melihat instalasi  pengolahan limbah cair. Operasionalisasi percetakan dengan penilaian “taat 100%” sesuai ketentuan penaatan Hukum Lingkungan telah menjadikan PT KANISIUS mendapatkan peringkat PROPER BIRU dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Penghargaan yang menyatakan Kanisius sebagai percetakan nol pencemaran ini telah menjadikan Kanisius rujukan studi banding bagi beberapa usaha sejenis.

*AVS