CERITA KAMI

Selayang Pandang Bedah Buku NU Penjaga NKRI

12-04-2018 13:25

Pada tanggal 24 Maret 2018, berlangsung kegiatan bedah buku di SMA St. Louis 1 Surabaya dengan tema “Menjaga Keutuhan Anak-Anak Negeri”.  Buku yang dibahas secara khusus ialah buku “NU Penjaga NKRI”. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 350 peserta.

Bedah buku ini menghadirkan dua narasumber yaitu Iip Dzulkipli Yahya (Editor Buku NU Penjaga NKRI) dan K.H. Agus Sunyoto (salah satu penulis artikel di Buku NU Penjaga NKRI). Selain dua narasumber, panitia juga menghadirkan dua pembedah yaitu Dr. Listyono Santoso S.S., M.Hum (Dosen filsafat Uiversitas Airlangga) dan Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad.Dip.SEA, M.Phil, Ph.D (Dekan Fisip UIN Sunan Ampel & Sekretaris PWNU Jatim).

Kegiatan dibuka dengan Lagu Indonesia Raya dan Mars NU yang dinyanyikan oleh St. Louis 1 Choir yang terkenal bersuara merdu. Dialog dan tanya jawab berjalan dengan semarak. Antusiasme peserta untuk bertanya begitu besar, tetapi waktu membatasi pertanyaan-pertanyaan tersebut sehingga tidak semua pertanyaan bisa terjawab. Pada bagian akhir acara, Rm. E. Azismardopo Subroto SJ (Direktur Utama PT Kanisius) memberikan peneguhan yang berisi tentang semangat NU (akan menjaga keutuhan tanah air, siapa pun pemimpinnya) sama dengan semangat Kristiani (100% Katolik, 100% Indonesia) dan diharapkan umat kristiani juga harus ikut ambil bagian dalam perjuangan NU menjaga NKRI, tidak hanya berpasrah pada saudara-saudara NU.