CERITA KAMI

Bedah Buku Yuk, Pilih Makanan Sehat!

03-05-2018 09:31

Pada Senin, 23 April 2018 di Balai Desa Sendangadi Mlati Sleman Yogyakarta, telah diadakan acara Bedah Buku Yuk, Pilih Makanan Sehat! yang diikuti oleh 78 peserta dari kalangan tokoh masyarakat, guru, dukuh, ibu rumah tangga, PKK, Dinas Kesehatan, dan lain-lain. Acara ini diselenggarakan dalam rangka menumbuhkan minat baca dengan menggunakan buku untuk semua kalangan, terutama anak-anak yang mulai terkena dampak perkembangan arus zaman, seperti gadget dan media yang tengah viral saat ini. Selain minat baca, fokus pembahasan bedah buku ini yaitu untuk mengembangkan kemajuan desa kaitannya dengan masalah kesehatan, terutama di desa atau di sekolah yang belum terjamin makanannya.

 

Acara dibuka dengan menyanyikan “Lagu Indonesia Raya” dan “Mars Sendangadi”, disambung dengan ucapan selamat datang dari Sekretaris Desa Sendangadi yaitu Bapak Parjiyo, S.Sos. Sambutan pertama oleh Bapak Drs. Suyudi MM Selaku Camat Mlati dan diakhiri dengan Sambutan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yaitu Ibu Ir. AA. Ayu Laksmidewi, TP, MM.

 

Acara inti Bedah Buku Yuk, Pilih Makanan Sehat! dibuka oleh Bapak. H. Sudiman, S.Ag. M.Pd.I., selaku moderator dengan memperkenalkan beberapa panelis dari Penulis Buku Yuk, Pilih Makanan Sehat! yaitu Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt., dan Dr. Triana Hertiana, Apt., dan Pembedah Buku dari Dinas Kesehatan yaitu Bapak Sri Mujiyanto, SKM. MH. Setiap panelis memberikan pemaparan dengan durasi waktu kurang lebih 20 menit. Ibu Zullies mengawali dengan menjelaskan tentang maksud makanan sehat, cara memilih makanan dalam kemasan, fungsi kandungan makanan, suplemen makanan serta manfaat vitamin dan mineral. Kemudian Ibu Triana menambahkan tentang antioksidan, bahan pengawet, dan pewarna makanan yang aman digunakan dalam makanan serta takaran penyedap rasa yang yang baik dan masih lazim digunakan.

Setelah kedua penulis menjelaskan materi yang terdapat pada isi buku, Bapak Sri Mujiyanto, sebagai pembedah buku dari Dinas Kesehatan, mengatakan bahwa buku ini dibuat dengan kemasan yang menarik yaitu dalam bentuk komik, anak sehingga anak mudah memahami isi buku. Meskipun demikian, segmentasi dari buku ini selain untuk anak, juga bisa dibaca oleh orang tua ataupun guru sehingga buku ini bisa digunakan oleh semua kalangan. Selain dalam bentuk komik, isi buku langsung menyasar pada topik yang dibahas. Diharapkan buku ini bisa menunjang pembelajaran bagi anak di sekolah maupun bagi semua kalangan yang ingin mengerti cara memilih makanan yang sehat.

 

Bedah buku ditutup dengan tanya jawab dari peserta dan pemberian bingkisan berupa buku tersebut kepada para penanya yang diberikan oleh Ibu Zullies. Peserta begitu tertarik mengikuti bedah buku ini. Peserta banyak mengalami kesulitan memilih makanan sehat bagi anak dalam kesehariannya, apalagi bagi anak yang belum mengerti manfaat makanan sehat. Maka dari itu, diharapkan orang tua membawakan bekal untuk anak yang dimasak sendiri di rumah seperti yang disampaikan oleh Bapak Suyudi.