CERITA KAMI

Penyegaran Paradigma Pedagogi Reflektif dan Pelatihan Buku Tematik SD Kurikulum 2013

09-05-2018 13:45

Pagi itu, 19 Maret 2018, suasana Ruang Kepodang di Penebit PT Kanisius tampak semarak. Sejak pukul 07.00 WIB Panitia sudah sibuk menyiapkan berbagai sarana pendukung untuk mendukung kelancaran acara “Penyegaran Paradigma Pedagogi  Reflektif dan Pelatihan Buku Tematik SD Kurikulum  2013.” Sekitar 150 peserta yang terdiri atas para kepala sekolah dan guru dari Yayasan Kanisius Cabang Yogyakarta dan Surakarta, mulai hadir memenuhi kursi yang disediakan. Wajah ramah dan penuh semangat terpancar dari mereka untuk menyerap berbagai pengetahuan dan berbagi pengalaman berharga. Acara pelatihan kali ini menghadirkan para pembicara dari Perkumpulan Strada yaitu Romo Martinus Hadisiswoyo, SJ (Direktur Yayasan Strada), Bapak Thomas Agus Susilo (Kabag Kurikulum Perkumpulan Strada), dan Ibu Florentina Andri H. (Kepala Sekolah SD Strada Van Lith 1).

Sekitar pukul 08.15 WIB acara dimulai dengan sambutan oleh Bapak Al. Suwarna (Kepala Departemen Penjualan PT Kanisius), mewakili jajaran Manajemen yang kebetulan berhalangan hadir saat itu. Selanjutnya Romo Agustinus Mintara Sufiyanta, SJ (Direktur Yayasan Kanisius Cabang Yoyakarta) turut pula memberikan sambutan sekaligus motivasi kepada para peserta. Romo Mintara menghimbau kepada para peserta  untuk senantiasa membuka diri dan wawasan dalam mengikuti seluruh dinamika pelatihan. Hal-hal baru maupun yang sudah pernah dipelajari sebelumnya, diharapkan  dapat saling melengkapi pengetahuan peserta demi peningkatan kualitas diri maupun peserta didik mereka.

Setelah sambutan selesai, para peserta mengikutii sesi I yang disampaikan oleh Romo Martinus Hadisiswoyo, SJ hingga pukul 10.0 WIB. Dalam sesi tersebut, beliau memaparkan sejarah Paradigma Pedagogi Reflektif berikut perkembangannya hingga saat ini. Beberapa poin penting disampaikan berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik melalui aspek afektif maupun sosial, yang diasah seiring pemenuhan aspek kognitif dalam pembelajaran di kelas. Pelaksanaan refleksi dan aksi di akhir pembelajaran hendaknya bukan sekadar “tempelan” belaka, tetapi disadari dan dihidupi bersama dengan melibatkan peran seluruh anggota sekolah maupun keluarga peserta didik.

Beranjak ke sesi II yang dipandu oleh Bapak Thomas Agus Susilo, para peserta mendapatkan wawasan berkaitan dengan pengalaman pembelajaran Tematik yang sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah Perkumpulan Strada. Tak lupa beliau juga menyampaikan beberapa kebijakan dan  komitmen yang diterapkan untuk memperteguh pelaksanaan pembelajaran Tematik secara terpadu.

Menjelang akhir sesi II, Ibu Florentina Andri berbagi pengalaman dan dinamika penulisan Buku Tematik SD Kurikulum 2013, yang disusun dengan pendampingan oleh Tim Redaksi Kependidikan-Umum Penerbit PT Kanisius selama kurang lebih 2 tahun. Sebanyak 51 judul Buku Tematik yang diperuntukkan bagi siswa SD kelas I-VI telah digunakan untuk pelaksanaan pembelajaran Tematik secara bertahap.

Usai makan siang, peserta dibagi menjadi dua kelompok: guru kelas kecil (kelas I – III) dan guru kelas besar (kelas IV- VI), guna memperdalam tentang seluk beluk Buku Tematik yang sudah diperkenalkan pada sesi II berikut contoh penilaiannya. Pada kesempatan tersebut, Ibu Florentina Andri H. bertugas mendampingi kelompok guru kelas kecil, sedangkan Bapak Thomas Agus Susilo berdinamika dengan kelompok guru kelas besar.

Sesi III ini berlangsung lebih intensif dan mengerucut pada teknis penggunaan buku berikut aplikasi dalam pelaksanaan di kelas dan teknis penilaian. Berbagi pengalaman mengajar dan evaluasi pembelajaran membuat para peserta semakin memahami alur penggunaan Buku Tematik tersebut. Pembicara menggarisbawahi bahwa buku merupakan sarana penunjang pembelajaran yang membantu pencapaian Kompetensi Dasar oleh peserta didik. Dengan demikian,  seri Buku Tematik ini akan dilengkapi dengan Silabus, Program Tahunan, Program Semester, dan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi  guru untuk memunculkn ide kreatif di kelas sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Acara pelatihan diakhiri pada pukul 15.30 WIB dengan paparan kesimpulan yang disampaikan oleh pembicara di setiap kelompok. Antusiasme peserta pelatihan tampak hingga akhir acara. Mereka pun merasa mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan berharga yang dapat diterapkan di kelas masing-masing nantinya. Semoga dengan hadirnya rangkaian Buku Tematik SD Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Penerbit PT Kanisius ini, mampu memberikan kontribusi berharga untuk memajukan pendidikan di Indonesia dan mendukung pembentukan karakter peserta didik yang utuh dan menyeluruh.

*Flora Maharani (Redaksi Kependidikan –Penerbit PT Kanisius)