CERITA KAMI

Membangun Semangat Kebersamaan

10-09-2018 10:19

Semangat kebersamaan dan persaudaraan penting ditanamkan pada generasi muda. Sebab, kita hidup sebagai bangsa Indonesia, di mana masyarakatnya terdiri dari berbagai latar belakang. Masyarakat harus saling menghargai dan menghormati agar perbedaan tak berujung pada pertikaian atau bahkan perpecahan. Artinya, kesadaran untuk hidup saling menghargai, bertoleransi, bekerja-sama, bahu-membahu, dan selalu menguatkan ikatan persaudaraan menjadi fondasi penting bagi bangsa ini.

Sayangnya, dalam beberapa tahun belakangan nilai-nilai persaudaraan tersebut seakan mengikis. Persaingan politik, konflik sosial ekonomi, kerap menjadi pemantik terjadinya pertikaian yang menyebabkan sesama saudara sebangsa saling menyerang dan bermusuhan. Perbedaan pandangan tak dijadikan modal untuk berdialog membangun bangsa, namun justru menjadi pemicu pertikaian dan perpecahan. Terlebih, di era internet dan sosial media sekarang, pertikaian gampang meluas di masyarakat.

Melihat hal tersebut, penting untuk kembali menanamkan dan menguatkan nilai-nilai persaudaraan. Hal ini, bisa dilakukan dengan pelbagai cara. Dalam lingkup yang paling kecil, nilai-nilai kebersamaan dan persaudaraan bisa mulai ditanamkan di lingkungan keluarga. Di sini, orang tua memegang peran vital untuk menjalankan hal tersebut pada anak-anaknya. Di titik inilah, buku terbaru berjudul Hati-hati, Berto! ini relevan untuk disimak.

Terima kasih kepada Radar Sampit dan Saudara Al-Mahfud seorang penikmat cerita, dari Pati atas pemuatan resensi Membangun Semangat Kebersamaan dari Buku Hati-Hati Berto dimuat di Radar Sampit, Minggu 2 September 2018.